Di IRadio Keliling kemarin yang dibawakan oleh Feli Sumayku dan Ian Saybani, kedatangan seorang traveler yang famous berkat blog Jalan Pendaki. Siapa lagi kalau bukan Acen Trisusanto!

Saat ini, kegiatan mendaki gunung bukan lagi suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan mendaki sekarang menjadi sebuah fenomena di kalangan anak muda, khususnya di Indonesia.

Bagi anda yang hobi naik gunung, mungkin Gunung Batur bisa menjadi salah satu destinasi anda berikutnya.

Gunung yang terletak di pulau Bali ini sebenarnya tidak begitu tinggi I-Listeners! Acen menjelaskan, untuk sampai ke puncak gunung, kita hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Sangat cocok juga bagi anda yang masih pemula.

Dengan waktu tempuh yang tergolong sebentar, gunung ini memiliki derajat kemiringan sekitar 60-70 derajat, sehingga dibutuhkan usaha yang tentu lebih besar.

Terletak di Kintamani, Bangli, Gunung Batur menyimpan sejuta keindahan didalamnya. Tak hanya rimbun dengan pepohonan, kita juga dapat menjumpai danau cantik yang mengelilingi gunung ini bernama Danau Batur.

Tak cukup sampai di situ, setelah mendaki turun anda juga dapat menjumpai pemandian air panas yang cocok untuk melepas kelelahan selama pendakian.

Yang membuat pemandian air panas ini semakin istimewa, letaknya yang bersebelahan persis dengan Danau Batur membuat aktivitas berendam anda menjadi lebih mengesankan.

Sambil berendam, anda dapat merasakan langsung nikmatnya sensasi infinity pool dengan pemandangan langsung ke arah danau!

Nah, pasti sekarang anda bertanya-tanya mengapa Acen tidak bercerita seputar kaldera yang menjadi ciri khas setiap gunung.

Pemandangan kaldera yang indah justru dapat anda jumpai di Gunung Agung. Setelah selesai mendaki Gunung Batur, anda bisa mencoba untuk menelusuri keindahan Gunung Agung.

Gunung Agung sendiri memiliki ketinggian yang jauh berbeda dengan Gunung Batur. Dibutuhkan waktu sekitar 8-10 jam untuk dapat sampai ke puncaknya.

Tapi jangan khawatir I-Listeners! Perjuangan yang anda lalui akan terbayar jika sudah sampai di puncak Gunung Agung ini.

Pemandangan dari atas puncak menyuguhkan sejumlah kecantikan alam mulai dari gagahnya kaldera gunung sampai dengan pemandangan pulau Bali yang terbentang indah dan menawan, membuat kita tidak bisa lepas dan berpaling dari tempat itu.

Sementara itu, ada satu hal yang perlu diingat bagi Anda yang ingin mendaki gunung. Acen mengingatkan untuk selalu melakukan persiapan yang matang, agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Semoga pengalaman yang dibagikan oleh Acen ini dapat membantu I-Listeners untuk menambah daftar destinasi indah di Nusantara ya!

Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh seputar dunia pendakian, anda bisa langsung cek blog Acen Trisusanto di www.jalanpendaki.com.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Devina Dea | foto katalogwisata.com]

Baca juga:
Anda tipe pekerja freelancer atau full time?
Marcell Siahaan merilis single terbarunya, “Ordinary World”
Isyana Sarasvati meraih penghargaan dalam MAMA 2016