Pekerjaan magang dapat menjadi sulit dan kadang menakutkan. Baik ketika Anda mengisi kertas, membuat kopi, atau duduk dalam rapat-rapat dengan para CEO, akan selalu ada ruang untuk peningkatan. Inilah 5 tips dari JobStreet yang akan membantu Anda berhasil dalam magang!

1. Perlakukan pekerjaan ini dengan serius.

Anggap pekerjaan magang ini dengan serius, maka Anda pun akan dianggap dengan serius. Tunjukkan pada pimpinan Anda bahwa Anda antusias dan termotivasi bekerja untuk mereka, dan coba untuk selalu datang tepat waktu dan selesaikan pekerjaan sebelum batas akhirnya.

Amati juga bagaimana cara yang lainnya bertingkah laku, dan contohlah itu (termasuk dress code). Detil-detil ini mungkin terlihat sepele, tetapi hal ini akan membantu Anda untuk tampil menonjol daripada pekerja magang lainnya.

2. Lakukan tugas dengan kualitas.

Terima semua tugas tanpa keluhan, manfaatkan waktu dan minta pekerjaan lainnya ketika tugas-tugas sebelumnya sudah selesai, dan buatlah kualitas kerja yang bagus. Dengarkan instruksi yang diberikan dengan baik dan minta klarifikasi. Jika Anda gagal, pelajari kesalahan and try again. Anda tidak harus malu!

3. Carilah masukan.

Jika Anda mendapatkan masukan dari supervisor Anda, terima masukan tersebut dengan pikiran terbuka. Jika hal ini tidak datang dengan sendirinya, maka carilah! Tidak merugikan untuk bertanya pada bos Anda tentang kinerja Anda, apa yang Anda dapat lakukan untuk meningkat, dan sebagainya.

Tujuan dari pekerjaan magang ini adalah untuk belajar dan mendapatkan sebanyak mungkin yang Anda bisa.

4. Jangan membuang waktu di media sosial.

Jangan sering menggunakan situs jejaring sosial atau bertukar pesan dengan teman selama jam kerja. Kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan penggunaan sosial media, hindari sosial media dan fokus pada pekerjaan Anda.

Anda berada di sana untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga, jadi manfaatkan waktu yang Anda punya untuk melakukan hal-hal baru dan mengembangkan skill set Anda.

5. Bertemanlah dan tetaplah terhubung.

Buatlah inisiatif untuk memperkenalkan diri Anda sendiri dan tunjukkan sebuah sikap positif dan ramah kepada siapapun yang Anda jumpai, dari mulai tukang bersih-bersih hingga pada para CEO.

Tidak ada salahnya untuk mencoba melanjutkan hubungan yang Anda telah bangun setelah masa magang berakhir – siapa tahu kontak-kontak baru Anda akan berguna di masa depan!

6. Ucapkan terima kasih.

Di akhir masa magang Anda, jangan lupa untuk berterimakasih pada semua orang yang Anda ajak bekerja dan orang-orang yang membantu Anda melewati masa magang ini. Ekspresi penghargaan yang tulus akan memberikan perasaan yang baik pada semua orang dan sopan santun tidaklah membutuhkan biaya.

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto revoluside.com]

Baca juga:
Nikita Willy siap bermain film horor
Bulan madu ke destinasi anti mainstream di Bali ala Obama
Kesan Maudy Ayunda saat bertemu Barack Obama

SHARE