Matt Damon Berkunjung ke Kendal, Jawa Tengah

216

Belum lama ini, Matt Damon diketahui datang ke Indonesia. Dalam kunjungannya, pemeran Jason Bourne itu menyempatkan diri datang ke salah satu desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kedatangannya sendiri memang sengaja tidak dipublikasikan. Sebab, dia datang bukan dalam rangka promo atau untuk keperluan syuting sebuah film.

Matt Damon datang bersama timnya dari water.org, yang merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih. Ia mengunjungi Kendal untuk melihat kondisi pengelolaan air bersih dari proyek Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) milik Kementerian PUPR.

“Matt Damon dan tim hanya ingin melihat saja fasilitas dari water.org berjalan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Setjen Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja.

“Water.org menjamin ke bank terhadap usulan kelompok, pengelola, MoU-nya sudah ada dengan water.org.”

Endra menjelaskan, proyek Pamsimas bertujuan untuk penyediaan air minum baru, peningkatan kapasitas tampungan rumah, hingga rehabilitasi.

“Matt Damon itu, kan, dia misinya misi kemanusiaan. Jadi itu, sih, kalau kita lihat bagus-bagus saja, artinya kita positif melihatnya,” jelasnya.

“Jadi timnya ingin ini bisa direplikasi di tempat lain. Tapi kita juga nggak diberi tahu, tapi kita lihat ini sebagai hal yang positif. Ini, kan, murni inisiatif dari Matt Damon dan timnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Endra mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh Matt Damon yang peduli terhadap lingkungan.

Matt Damon saat Berkunjung ke Jakarta

Sebelum blusukan cek air bersih di sebuah desa di Kendal, aktor Hollywood tersebut juga sempat ke Jakarta. Aa mengunjungi sebuah koperasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Koperasi itu bernama Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), sebuah lembaga keuangan mikro di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Menurut salah pegawai koperasi, Nasihah mengkonfirmasi sahabat George Clooney itu memang berada di kantornya pada Selasa (3/7/2018).

“Iya, betul tadi dia datang ke sini tapi saya kebetulan tidak bertemu dengannya,” kata pegawai perempuan itu saat dihubungi.

Kabar soal kedatangan pemeran astronot di film The Martian ini juga dilansir oleh laman Facebook KOMIDA. Kedatangan Matt Damon kali ini dalam kapasitasnya sebagai co-founder water.org.

Organisasi itu telah eksis di Jakarta sejak 2014 dan telah bekerja sama dengan 14 lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia.

Tak sendiri, kedatangan sang aktor juga bersama tim water.org, Jennifer Scorsch selaku presiden dan Gary White selaku CEP dan founder water.org.

Apa Anda salah satu yang beruntung bertemu Matt Damon?Sumber: detik.com

(Foto: Faceboo Komida Official, Istimewa)