jajan puas

Salah satu daerah di Jakarta yang terkenal masih didiami warga asli Betawi adalah Condet, Jakarta Timur. Dan di daerah ini dikenal juga perpaduan budaya Betawi dan Timur Tengah  termasuk makanannya. Kali ini saya ajak anda untuk berwisata kuliner di daerah Condet salah satunya Rumah Makan Puas. Tempat ini, menawarkan beragam makanan khas Betawi dan Timur Tengah. Rumah makan Puas mudah dikenali karena ada papan depan bertuliskan Martabak Puas. Ternyata ketika masuk ke dalam rumah makan ini ada banyak pilihan menu yang ditawarka. Sebut saja Nasi kebuli, Roti Jala, Sambosa, dan Roti Cane Saya rekomendasikan tempat ini sebagai salah satu pilihan untuk berbuka puasa. Salah satunya Sambosa atau sering juga disebut Samosa.

Makanan mirip lumpia gulung ini berasal dari kawasan asia selatan tepatnya dari Tanah Gujarat. Bentuknya unik seperti segitiga dengan balutan kulit tepung goreng seperti lumpia. Ketika anda mencicipinya anda akan merasakan potongan daging kambing dan campuran sayuran  seperti kentang, labu dan bawang bombay. Sebagai pendampingnya anda bisa menambahkan sambal meski sebenarnya tidak direkomendasikan untuk menjaga rasa asli sambosa. Pasalnya, rasa asli bumbu sambosa sudah pedas dan gurih. Soal harga anda tidak perlu khawatir. Satu buah sambosa ini hanya seharga Rp 3 ribu. Salah satu menu yang harus anda cicipi di rumah makan puas ini adalah roti jala dan roti cane yang harganya Rp 4 ribu sampai Rp 5 ribu. Kalau saya tidak lupa untuk mencicipi menu khas Timur Tengah dan Betawi yaitu nasi kebuli. Bumbu nasi kebuli disini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia  sehingga rasa rempahnya tidak terlalu pekat dengan campuran serai, cengkeh dan kayu manis. Pelengkap lainnya adalah kismis, kenari, bawang goreng, acar  dan pastinya daging kambing goreng. Untuk anda yang tidak suka daging kambing bisa memilih nasi kebuli dengan daging ayam.

Untuk minumannya rumah makan puas menawarkan teh susu arabia dan teh tarik atau Vosco. Tapi ada es kelapa kopyor susu juga lho. Harganya juga tidak mahal mulai dari Rp 7 ribu. I-Listeners, rumah makan Puas pada hari biasa juga menawarkan bubur ayam setiap pagi dari jam 6 sampai jam 11 siang. Tapi hal itu tidak berlaku di bulan Ramadhan. Oya, seperti papan yang ada di depan rumah makan disini tentunya menawarkan Martabak dengan beragam pilihan selera. Dari Martabak Biasa 2 telor sampai martabak angat spesial 5 telor. Martabak ini juga disediakan dengan rasa Kare Ayam atau Kambing. khusus selama bulan puasa ini rumah makan puas di kawasan Condet ini buka dari jam 4 sore sampai jam 11 malam. Selamat makan yaa.

SHARE