IrFM-S2-ManfaatKunyit

Siapa sih yang tidak tahu kunyit? Sebagian dari kita pastinya mengenal, bahkan akrab dengan tanaman yang satu ini. Kunyit merupakan salah satu rempah yang sering digunakan untuk bahan masakan sejenis gulai. Selain itu, kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit lambung atau peradangan sendi.

Ternyata, kunyit juga mempunyai khasiat lain, lho. Kabarnya, pada jaman dahulu para puteri keraton memanfaatkan kunyit untuk merawat kehalusan dan kelembutan kulit, dengan cara dijadikan masker. Dilansir dari situs vemale.com, berikut manfaat lain dari kunyit untuk kulit Anda.

1. Membuat kulit lebih bersinar

Campuran bubuk kunyit, jeruk nipis, dan minyak zaitun dapat membuat kulit wajah Anda lebih bercahaya. Maskerkan campuran tersebut ke wajah Anda, diamkan selama 15-20 menit lalu basuh dengan air dingin. Jika Anda rajin melakukannya, niscaya wajah Anda akan cerah dalam 30 hari.

2. Mengobati penyakit kulit

Bubuk kunyit yang dicampur dengan santan dapat mengobati jerawat, kulit kering, dan kusam. Lulurkan campuran tersebut ke wajah dan tubuh Anda untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

3. Mengatasi kerutan di wajah

Anda mengalami penuaan dini? Cobalah campurkan bubuk kunyit dengan susu cair, lalu pijatkan ke wajah, terutama area sekitar mata. Hasilnya lingkaran hitam dan garis-garis halus di sekitar mata akan hilang.

4. Menghaluskan tumit

Tumit merupakan bagian tubuh yang sangat kering, sehingga mudah pecah-pecah. Campurkan bubuk kunyit dengan santan hangat, lalu pijatkan ke tumit dan jari-jari Anda. Lakukan rutin selama 2 minggu, maka kulit tumit Anda akan kembali halus dan lembut.

5. Menghilangkan bulu

Untuk memperlambat pertumbuhan bulu, lulurkanlah bubuk kunyit ke sekujur tubuh. Gunakan lulur tersebut setidaknya seminggu dua kali dalam satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Yang terakhir, kunyit mudah didapat dengan harga yang murah. Anda tertarik ingin mencoba perawatan kulit dengan menggunakan kunyit?

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks @nandazahra | foto Shutterstock.com]

Baca juga:
‘Danur’ film horor yang diadaptasi dari novel Risa Saraswati
10 Manfaat semangka untuk kesehatan
Berbagai destinasi menarik di kota Palu

SHARE