Pertandingan antara Indonesia melawan Thailand dalam match pertama final Piala AFF 2016, Rabu 14 Desember 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, berjalan sangat seru!

Pada babak pertama, Indonesia tertinggal lebih dulu pada menit 33 melalui gol Teerasil Dangda. Dengan permainan Thailand yang tidak terlalu agresif, Indonesia merasa tertekan dan juga ditambah salah satu pemain Indonesia Andik Vermansyah mengalami cedera.

Tertinggal 0-1, timnas Indonesia secara perlahan bangkit yang diawali dengan gol dari Rizky Ripora pada menit 64 yang membuat permainan Indonesia meningkat. Tidak lama setelah itu, Hansamu Yama juga menambahkan jumlah gol bagi tim merah putih.

Timnas Indonesia bermain lebih baik dan mampu keluar dari tekanan. Serangan balik yang diterapkan anak asuh Alfred Riedl mampu membuat pertahanan Thailand kerepotan.

Alfred Riedl mengubah strategi yang unik dengan memasukkan Lerby Eliandry menggantikan Beny Wahyudi yang mengalami cedera kepala. Sementara, Ferdinand Sinaga masuk menggantikan Boaz Solossa.

Salah satu pemain yang menjadi spotlight dalam pertandingan ini adalah sang pemain gelandang Indonesia, Bayu Pradana yang berhasil menahan penyerangan Thailand Chanathip Songkrasin dengan baik.

Sebenarnya tidak ada tugas khusus dari pelatih, namun memang ada keinginan dari diri saya untuk menjaga ketat dia (Chanathip) untuk pertandingan kali ini,” ujar Bayu kepada wartawan.

Hingga laga berakhir, kedudukan 2-1 untuk Timnas Indonesia atas Thailand tetap bertahan. Pertandingan kedua akan digelar di Stadion Rajamanggala, Bangkok, pada 17 Desember 2016.

Dengan begitu, harapan sang pelatih untuk mengangkat piala AFF semakin dekat. Kita tungguin leg keduanya yaa, Hard Rockers! Dukung terus timnas Indonesia!

Nggak sempet nonton kemarin? Yuk lihat highlights pertandingan di bawah ini!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Andre Fransisco / foto affsuzukicup.com]