Kiat Sehat dan Aman Selama Mudik

94
berita 1- mudik

I-listeners, mudik lebaran selalu jadi ritual tahunan di Indonesia. Tak sedikit para pemudik rela menempuh perjalanan jauh demi bisa berlebaran di kampung halaman bersama sanak saudara.

Perjalanan jauh, termasuk bagi yang mengemudikan kendaraan,  tentu bisa menjadi aktivitas yang cukup menguras fisik dan mental. Karenanya kesehatan tubuh harus benar-benar dijaga.

Berikut terdapat sejumlah kiat agar tetap aman dan sehat menjalani mudik Lebaran dari Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Kamaruddin Askarseperti dikutip dari Antaranews:

Istirahat cukup sebelum berangkat
Calon pemudik, khususnya yang menggunakan jalur darat, dianjurkan untuk beristirahat secukupnya sebelum berangkat mudik. Pemudik setidaknya beristirahat enam jam sebelum menempuh perjalanan jauh.

Jangan menyetir lebih dari enam jam
Pemudik yang membawa mobil yang bakal melakukan perjalanan relatif lama dianjurkan membawa supir pengganti. Itu demi menghindari tenaga yang terlalu terporsir selama perjalanan. Sekuat-kuatnya fisik, tentu ada batasan yang bisa memengaruhi konsentrasi.

Manfaatkan tempat istirahat di jalan
Manfaatkanlah tempat-tempat istirahat yang biasanya disediakan di titik-titik tertentu selama musim mudik. Ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan relaksasi otot kaki, leher dan tangan.

Jangan tahan ‘pipis’ terlalu lama
Menahan keinginan untuk buang air kecil terlalu lama bisa memunculkan risiko terkena infeksi saluran kencing. Karenanya jika jika keinginan buang air muncul, segeralah dituntaskan.

Jaga kualitas makanan
Perhatikan kualitas bekal selama perjalanan. Khususnya makanan yang dibeli di pinggir jalan. Pastikan kebersihan dan kualitasnya terjamin. Jika ingin membawa bekal dianjurkan untuk memilih makanan kering agar tak cepat basi.

Bawa obat-obat standar
Pemudik jangan sampai lupa membawa obat- obatan standar dalam perjalanan. Misalnya obat anti mual, obat sakit kepala dan obat sakit maag. Bagi penderita penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, tentu jangan sampai lupa membawa obat-obatan yang dibutuhkan. [teks pria sumber antaranews]