Dalam Indahnya Islam bersama Indra Prasta, Angga Nggok dan Ustadz Zahruddin Sultoni, membahas mengenai kondisi seseorang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Tentunya, kondisi tersebut tidak sembarangan. Sudah tertulis dalam surat Al Baqarah mengenai kondisi-kondisi tersebut. Kondisi tersebut adalah:

1. Sakit. Sakit pun memiliki kategori: sakit yang tidak memberatkan (pilek, sakit kepala), dalam kondisi ini seseorang tetap diwajibkan berpuasa.

Lalu sakit yang memberatkan atau yang memerlukan konsumsi obat, seperti sakit gigi, boleh tidak berpuasa. Cukup melakukan ganti puasa setelah lebaran nanti.

Lalu sakit yang membahayakan, yang bisa menyebabkan pingsan atau pun merenggut nyawa, dalam situasi ini boleh untuk tidak berpuasa. Tak perlu mengganti puasa, cukup membayar fidyah saja.

2. Sedang dalam perjalanan (musafir). Musafir pun memiliki kategori: apabila perjalanan jauh namun ditempuh dengan cepat, misal ke Surabaya namun pergi dengan pesawat, harus tetap berpuasa.

Namun apabila jalan tempuhnya memberatkan, butuh tenaga, atau bahkan berhari-hari, boleh untuk tidak puasa. Cukup mengganti dengan puasa saat setelah lebaran nanti.

Jarak pun juga menentukan wajib atau tidaknya berpuasa. Diperbolehkan berpuasa apabila pergi dengan jarak melebihi 80 km, maka boleh untuk tidak berpuasa. Namun apabila merasa kuat untuk berpuasa, diwajibkan untuk berpuasa.

3. Hamil atau sedang menyusui. Karena melibatkan kondisi sang bayi, maka boleh untuk tidak berpuasa. Namun, apabila dari dokter diperbolehkan untuk berpuasa, silahkan berpuasa. Asal nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi tetap terpenuhi.

Membayar puasanya pun cukup dengan mengganti setelah lebaran dan saat tidak lagi menyusui.

Ada situasi yang sering terjadi. Seringkali karena lupa dan tidak sadar, seseorang makan dan minum tanpa sengaja. Apabila memang tak disengaja, lanjutlah berpuasa. Puasanya tidak batal karena memang tidak ada niat untuk membatalkan puasa.

Namun apabila memang berniat untuk makan dan minum, maka batallah puasanya.

Dengarkan obrolan seputar Islam dalam Indahnya Islam, setiap Senin – Jumat pukul 17.00 di IRadio Jakarta!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza | foto maxximum-portal.com]

Baca juga:
RAN rilis CD album kelima sekaligus lagu terbaru!
Gantikan Justin Bieber, Rich Chigga nyanyikan lagu Diplo
4 Wajah Indonesia dalam 100 Wanita Tercantik di Dunia!