Bali International Film Festival atau Balinale adalah festival film dengan sejarah panjang di Indonesia. Selama 10 tahun BIFF telah menayangkan ratusan film domestik maupun internasional. Festival ini juga berhasil menarik sutradara, produser dan aktor papan atas dari Indonesia dan mancanegara untuk datang ke Bali.

Sebelum acara utama Balinale, sejumlah profesional industri film berkumpul dari tanggal 22-23 September di BalinaleX Film Forum, sebuah acara yang berfokus pada aspek komersial industri film.

Pada penyelenggaraan BalinaleX yang pertama, Balinale 2017 menyediakan kesempatan bagi para pemangku kepentingan dari pihak pemerintah, sektor kreatif dan komersial untuk berdiskusi tentang ekosistem industri visual dan hiburan di Indonesia.

Acara pembukaan Balinale 2017 dilaksanakan di Cinemaxx, Lippo Mall Kuta Bali pada 24 September 2017 dan mempersembahkan lebih dari 100 film dari 42 negara.

Khusus pada tahun ini, Balinale 2017 memperkenalkan kategori ‘In Competition’ dengan dewan juri yang dipimpin oleh Michael Rowe (Australia/Meksiko), pemenang Kamera Emas di Festival Film Cannes dan Venice Days Award, dengan anggota dewan Jeane Huang (Taiwan), mantan direktur Taipei Film Festival, Chief Consultant Taiwan Arts Council dan Presiden Core Cultural Management, serta Erwin Arnada penulis dan sutradara Rumah di Seribu Ombak yang telah memenangkan berbagai penghargaan.

Pendiri Balinale, Deborah Gabinetti mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi lokasi produksi serial televisi dan film. Indonesia juga sudah memiliki tenaga kerja profesional yang berpengalaman, berbagai lokasi yang spektakular dan klima investasi yang semakin membaik bagi industri kreatif.

Dia juga berharap bahwa ajang ini mampu berbuat banyak bagi komunitas, selain dapat mendorong perkembangan budaya, dan ekonomi nasional.

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto dok. Balinale]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Andien merilis album ke-7!
Video klip “Terpesona” telah dirilis!
5 jajanan yang wajib dicoba

SHARE