Kata Ahli Nutrisi, Ini Menu Sarapan Sehat!

24

Survei terbaru Herbalife Nutrition mengenai sarapan sehat menunjukan, masyarakat Indonesia sudah sadar akan pentingnya mengonsumsi sarapan. Terhitung 7 dari sepuluh orang sudah mengonsumsi sarapan.

Tapi dalam temuan ini, kebanyakan responden mengonsumsi karbohidrat tinggi atau jauh nutrisi seimbang. Contoh paling dekat untuk temuan ini ialah kebiasaan orang Indonesia mengonsumsi sarapan dengan nasi uduk.

Sedangkan nasi uduk yang terdiri dari nasi, bihun dan gorengan sendiri merupakan karbohidrat. Alhasil, membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh sangat besar, efeknya berisiko untuk terjadi penumpukan lemak.

Bila kondisi itu dibiarkan dan menjadi kebiasaan, seseorang bisa mengalami obesitas. Di mana kondisi itu merupakan pintu masuk penyakit tidak menular datang. Apakah itu diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Oleh karenanya, penting untuk mulai mengonsumsi sarapan sehat, yakni dengan nutrisi seimbang. Adapun nutrisi seimbang ini ialah menu makanan yang terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak.

Di bawah ini Samantha Clayton, trainer kesehatan dan fitness tersertifikasi, memberikan kiatnya untuk kamu agar bisa mengonsumsi atau membuat sarapan sehat. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bangun 15 menit lebih awal

47 responden di Indonesia sering menunda sarapan. Bila kamu salah satu orang di antaranya, mungkin inilah waktunya untuk mulai menjalani gaya hidup sehat.

Caranya, cobalah bangun 25 menit lebih awal dari biasanya untuk menyiapkan sarapan cepat untuk kamu. Dan biarkan tubuhmu siap sebelum menjalani aktifitas yang pada setiap hari.

2. Buat sarapan yang praktis

Bila kamu memang orang tergolong orang yang sibuk, kamu bisa mengonsumsi sarapan yang bisa dibuat dengan cepat. Apa saja itu? Perhatian kamu bisa arahkan pada oatmeal — dengan tambahan bahan-bahan lain, sereal, dan smoothies, dan suplemen shake.

3. Berlatih menjaga gizi seimbang

Kamu sudah tahu bahwa masyarakat Indonesia cenderung mengonsumsi yang karbohidrat tinggi saat sarapan. Untuk itu, mulailah berlatih mengonsumsi sarapan dengan nutrisi seimbang. Adapun pola yang bisa kamu pakai ialah prinsip 4-3-3.

Ini berarti 40% asupan dari karbohidrat, 30 % dari protein, dan 30 % lemak dengan 25 gram fiber. Dengan perpaduan nutrisi yang tepat, ini akan membantu kamu menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

4. Ajak teman atau keluarga

Terkadang, memiliki teman yang baik atau orang yang dicintai menjalani hal yang sama, bisa meningkatkan motivasi mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Jangan sungkan untuk mengajak pasangan, suami atau keluarga kamu ya kalau sudah punya sarapan sehat nanti. Sumber Her World Indonesia

Anda dapat mendengarkan siaran Iradio secara streaming di website IRadio FM dan aplikasi mobil versi Android dan iOS.