Kasus Kekerasan Anak di Bukit Tinggi, Mendikbud Minta Semua Pihak Bertanggungjawab

76
Ifakta-10-13- 6 - kekerasan anak

Sanksi kata M Nuh harus diberikan dengan meminta pertanggungjawaban semua pihak atas aksi kekerasan tersebut.

“Kewenangan pendidikan dasar dan menengah ada di kabupaten/kota. Tapi kami tidak tinggal diam. Kami sudah meminta dinas pendidikan untuk memanggil kepala sekolah dan guru untuk menjelaskan duduk perkaranya. Dengan kasus itu, harus ada sanksi,” ungkap M Nuh di Istana Negara, Jakarta, Senin [13/10].

Mendikbud M Nuh mengatakan orangtua juga harus dijelaskan dan dimintai pendapatnya atas kasus kekerasan yang menimpa seorang anak SD di Sumatera Barat. Ini penting karena kasus ini melibatkan anak-anak SD.

Seperti diberitakan, aksi kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak terjadi di sebuah sekolah dasar kawasan Bukit Tinggi, Sumatera Barat muncul di dunia maya. Ulah tidak pantas itu diabadikan dari sebuah video yang diunggah ke Komunitas Vines Indonesia di Facebook.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 53 detik tersebut terlihat beberapa siswa sekolah dasar memakai seragam lengkap merah dan putih sedang dalam kegiatan belajar mengajar.

Namun dari beberapa siswa tersebut terutama yang berjenis kelamin laki-laki terlihat sibuk memukuli siswi perempuan yang berada di sudut ruangan kelas. Siswi perempuan itu juga tidak melawan saat teman-teman sekelasnya memukul bahkan menendangnya dengan bertubi-tubi. ¬´ [foto Istimewa]