Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda menerima panggilan wawancara, pasti rasanya senang dan semangat. Namun jangan lupa juga, dear. Bukan hanya calon bos lho yang berhak menilai Anda. Anda pun harus menggunakan kesempatan ini untuk melihat keadaan, apaan perusahaan tersebut cocok dengan Anda? Lebih penting lagi, apa perusahaan itu… meyakinkan? Jika bertemu dengan warning signs ini, mungkin sebaiknya Anda menolak tawaran second interview.

The Angry Boss

Bos galak? Sudah biasa. Bos yang memarahi bawahannya saat sedang mewawancarai Anda? Red flag! Harusnya, sang pewawancara bisa menjaga emosinya ketika sedang dihadapan calon pegawai baru. Hal ini menunjukkan bahwa ia tidak menghargai Anda dan juga bawahannya tersebut. Jangan mau bekerja dengan orang yang tidak bisa menjaga emosinya. Selalu ada cara lebih baik untuk mengembangkan bakat seseorang, agree?

What Responsibilities?

“Anda akan bertanggung jawab dalam memajukan nama dan menuntaskan berbagai masalah perusahaan.” Umm… what? Anda berhak mengetahui seberapa dalam keterlibatan Anda dalam perusahaan. Selain itu, Anda pun harus dapat memahami tanggung jawab yang akan dilimpahkan pada Anda. Jika ia tidak bisa menjawab pertanyaan sesimpel “apa tanggung jawab saya?” Then just walk away, honey.

Negative Vibes

Kadang, Anda akan melewati ruang kerja pegawai lain ketika memasuki ruang interview. Jangan pejamkan mata! Perhatikan suasana, atmosfer, dan wajah para pegawai. Jika Anda merasa tidak nyaman karena suasananya tidak bersahabat, pasti ada alasan di baliknya. Hmm, lebih baik tak pernah tahu, deh!

The Perfect Company

Yes, saat wawancara, calon bos pasti ingin “menjual” nama perusahaannya. Namun ada batasan yang perlu diketahui. Tidak ada perusahaan sempurna yang akan memberikan kebahagiaan tiada tara dan menghujani Anda dengan emas. Bila pewawancara terus meninggikan nama perusahaannya dan melontarkan janji seperti “Anda akan menerima banyak hal positif jika bekerja di sini! Banyak benefits yang akan Anda rasakan! Bonus tahunan di sini sangat tinggi!” Oh darling… Ingat, seorang atasan profesional tidak akan pernah memberikan angan palsu. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. ERB Professional / shutterstock / clickphotos)

Source: Cosmopolitan Indonesia

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
LINE Concert siap digelar dengan sederet musisi papan atas
Lukamba Nduma Luri, mengangkat keindahan kain tenun dari Sumba Timur
Mager-mageran bareng RAN di IndoKustik!

SHARE