Di IRadio Keliling bersama Kamal Rasyid dan Feli Sumayku dari IRadio Jakarta kali ini kedatangan Cici yang akan membahas pantai-pantai di Bali yang belum terjamah atau masih sepi dikunjungi oleh turis asing maupun lokal.

Kita mulai dari Pantai Gunung Payung. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Pandawa dan Pantai Green Bowl, tepatnya masih di daerah Ungasan. Uniknya, jika kita ingin sampai ke bibir Pantai Gunung Payung ini, kita harus melalui akses jalan setapak menuruni bukit lho, I-Listeners!

Pantai ini masih belum banyak terjamah oleh turis asing maupun lokal. Buat I-Listeners yang ingin mencari suasana pantai yang tenang dan sepi ketika ke Bali, mungkin Pantai Gunung Payung cocok untuk menjadi pilihan.

Akses menuju Pantai Gunung Payung cukup mudah. Jika kalian dari Denpasar atau Kuta, bisa menyewa motor/mobil untuk ke sana. Bisa melewati jalan bebas hambatan (tol) atau melewati jalan biasa. Estimasi waktu sekitar 1 jam menuju Pantai Gunung Payung.

Selain Pantai Gunung Payung, Cici merekomendasikan juga Pantai Nyang Nyang yang masih terletak di Ungasan. Posisinya sebelum Pantai Gunung Payung. Yang membedakannya, jalanan akses menuju Pantai Nyang Nyang ini lebih menantang.

Jalanan berupa tanah berlapis kapur, monyet-monyet yang bergelantungan di atas pohon, hingga menuruni anak tangga yang cukup terjal. Tidak heran pantai ini sepi, karena memang cukup menguras tenaga, I-Listeners. Kira-kira membutuhkan waktu 30 menit menuruni anak tangga tersebut hingga sampai bibir pantai.

Menurut Cici, hal yang perlu dibawa ketika I-Listeners ingin berkunjung ke pantai-pantai yang belum terjamah ini, sebaiknya membawa air mineral lebih. Karena menaiki dan menuruni anak tangga tersebut cukup menguras tenaga. Dan jangan lupa, bawa kembali sampahnya ya, I-Listeners!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks: Rivat Adi Mulya | foto: berbagai sumber]

Baca juga:
Mana yang lebih dipilih, rilisan fisik atau digital?
Berkembangnya transaksi musik digital dari transaksi fisik
“Ghost in the Shell”, film yang diadaptasi dari manga Jepang