Di IRadio Keliling bersama Feli Sumayku dan Kamal Rasyid dari IRadio Jakarta kali ini ditemani oleh Patricia Ranieta yang akan mengajak I-Listeners jalan-jalan ke Kawah Ijen, Jawa Timur.

Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam / kaldera terbesar di Pulau Jawa yang terletak di puncak Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Dan salah satu yang diakui oleh UNESCO karena memiliki blue fire.

Blue fire ini terjadi karena belerang yang terbakar oleh asap yang panasnya hingga 200 derajat. Blue fire hanya ada di dua negara, yaitu di Indonesia dan Islandia.

Buat I-Listeners yang penasaran dengan Kawah Ijen ini, Anda dapat mendaki Gunung Ijen yang tingginya 2.443 mdpl. Lalu pendakian menuju Kawah Ijen ini dibuka pada jam 1 malam.

Jika I-Listeners ingin mendaki ke Kawah Ijen, bagusnya pada bulan Mei sampai Agustus. Karena di bulan tersebut sedang kemarau dan sedang bagus-bagusnya untuk melihat blue fire di Kawah Ijen.

Selain bisa mendapatkan pemandangan blue fire, di Gunung Ijen ini I-Listeners bisa menikmati sunrise. Sunrise memang hal yang biasa, tetapi jika I-Listeners menikmati sunrise di Gunung Ijen, itu adalah sunrise terbaik di Pulau Jawa.

Jika Anda kurang suka mendaki tapi penasaran sama indahnya Kawah Ijen, di sana terdapat penyewaan trolley dari bawah – sampai ke atas – sampai turun lagi lho, I-Listeners. Namun harganya cukup tinggi, kalo belum ditawar harganya bisa 700 ribu!

Dan jangan ngebayangin trolley layaknya trolley yang seperti di mal-mal ya, karena trolley di sini hanya seperti gerobak kayu saja. Sebaiknya Anda mendaki saja ya agar lebih irit dan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Apakah I-Listeners sudah tertarik untuk mengunjungi Kawah Ijen?

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks: Rivat Adi Mulya | foto: berbagai sumber]

Baca juga:
Seru-seruan bareng Be3 di Love Is In The Air Concert!
Gudeg Mercon Yogyakarta Bu Tinah
Sukses berkarier sebagai pialang saham