Edisi IRadio Keliling bersama Sandy Andarusman dan Ayumi Astriani kedatangan narasumber, Murni, yang akan berbagi cerita seputar Palu.

Banyak tempat-tempat menarik dan unik yang bisa dikunjungi bila I-Listeners berkunjung ke Palu. Biasanya, kebanyakan orang datang mengunjungi Palu untuk menyelam. Karena Palu merupakan kota pesisir, orang dapat menyelam dengan mudah sekaligus bisa menikmati pantai yang ada.

Untuk yang menyukai bawang goreng, di Palu terdapat tempat yang banyak menjual bawang goreng di sekitar pinggiran jalan. Terdapat satu desa yang memproduksi bawang goreng dan masih menggunakan cara yang tradisional, yaitu desa Wombo Kalombo dengan 90% penduduknya adalah petani bawang.

Tak kalah menarik dengan Hawaii, Palu juga memiliki sebuah pemandangan dimana pengunjung dapat menikmatinya seperti di Hawaii.

Pantai Parigi Moutong merupakan salah satu destinasi di Palu yang layak untuk dikunjungi. Di Parigi sendiri baru terdapat satu dive center resmi dan memiliki underwater yang menarik, serta termasuk tempat penyelaman yang santai karena tidak terlalu banyak arus.

I-Listeners bisa melihat well shark yang terdapat di Parigi jika kalian mampu menyelam lebih dalam. Jarak tempuh menuju Parigi ini kurang lebih 2 jam dari kota Palu dengan perjalanan darat.

Seorang peneliti bercerita bahwa ketika menyelam di pantai Palu ada yang menemukan Nautilus yang juga merupakan salah satu hewan langka yang sangat jarang ditemukan.

Selain itu, Palu juga memiliki makanan khas yang tak kalah menarik. Yang biasanya banyak ditemukan nasi kuning dengan lauknya, berbeda dengan Palu yang menghidangan nasi kuning dengan kuah santan yang gurih.

Ada pula Binte yang merupakan sup jagung dengan tambahan minyak kelapa serta parutan kelapa dan rasa yang gurih manis. Lalu ada Kaledo atau Kaki Lembu Donggala yang merupakan tulang sum-sum dengan kuah bening yang gurih.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Miranti | foto metrosulawesi.com]

Baca juga:
Dian Sastrowardoyo yang berjuang dalam cuplikan film “Kartini”
Yuk berenang sama ubur-ubur di Kakaban!
Isyana Sarasvati turut meramaikan konser tunggal Rossa