Ini dia 5 alasan Anda harus menonton “Pengabdi Setan”

181

Sepanjang akhir pekan lalu, film Pengabdi Setan menjadi salah satu topik yang paling banyak diperbincangkan, mulai dari kengerian yang dirasakan penonton, hingga anggapan sebagai film horor lokal terbaik saat ini.

Film yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar ini mulai tayang di layar bioskop sejak 28 September lalu, dan terus memuncaki box office Tanah Air hingga hari ini.

Lantas, hal apa saja yang membuat film Pengabdi Setan harus Anda tonton?

1. Beda film Pengabdi Setan dulu vs sekarang

Pengabdi Setan versi 1981

Meskipun sama-sama berjudul Pengabdi Setan, namun versi terbarunya bukanlah remake, melainkan reboot, sehingga alur ceritanya pun berbeda. Versi terdahulu bercerita tentang arwah yang dibangkitkan melalui ritual ilmu hitam.

Sedangkan versi terkini memiliki kisah horor yang lebih kompleks, di mana penonton akan kesulitan menebak karakter horor mana yang sebenarnya jahat.


2. Pengalaman sinematik yang menjanjikan

Tanpa bantuan teknologi CGI, aura horor yang tersaji pada audio visual di film ini sangat meyakinkan dan mampu membuat bulu kuduk benar-benar berdiri. Joko dengan apik memainkan atmosfer pencahayaan redup yang mencekam.

Ia juga sangat apik berkolaborasi dengan komposer Aghi Narottama yang menciptakan beragam musik latar tidak hanya dari komposisi instrumen, melainkan juga dari choir ‘hantu’.

3. Kesempurnaan lokasi syuting

Butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk berhasil menemukan rumah yang sesuai dengan penggambaran visual Joko Anwar mengenai film Pengabdi Setan. Rumah yang dimaksud merupakan rumah tua bergaya campuran lokal dan art deco yang berlokasi di kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Joko mengaku, desain keseluruhan rumah, termasuk interior dan pengaturan ruangnya sangat sesuai dengan apa yang dibayangkan olehnya tentang suasana rumah tua mencekam.


4. Bukan hanya soal teriak-teriak ketakutan

Berbeda dengan film horor lokal pada umumnya yang hampir dipenuhi adegan teriak karena ketakutan diteror hantu, film ini justru lebih mengedepankan suasana horor dari visual rumah yang remang, denting suara misterius, alunan lagu ‘jadul, hingga imajinasi liar para tokohnya.

Uniknya, hampir tidak ada sama sekali penampakan hantu secara gamblang di film ini, sehingga penonton akan dibuat penasaran sekaligus kaget

5. Sinopsis singkat film Pengabdi Setan

Film ini berkisah tentang seorang penyanyi tenar bernama Mawarni Suwono (Ayu Laksmi) yang meninggal setelah mengalami sakit aneh selama tiga tahun lamanya. Setelah ibu meninggal, bapak (Bront Palarae) memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anak (Tara Basro, Endy Arfian, M Adhiyat, Nasar Anuz).

Tak lama, anak-anak merasa bahwa ibu kembali berada di rumah untuk menjemput mereka. Di sinilah berbagai kengerian bermula.

[sumber Esquire Indonesia]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Itik lado mudo, makanan yang wajib dicoba di Bukittinggi
Tips sehat untuk penggemar masakan Padang
Perjuangan para ninja muda dalam “The Lego Ninjago Movie”