bangka-1

Anda bisa datang ke restoran Kampoeng Bangka di jalan Panglima Polim Raya Nomor 102, Jakarta. Disini beragam kuliner khas Bangka tersedia mulai dari jajanan tradisional, cemilan dari seafood sampai makanan utama khas Bangka. Restoran Kampoeng Bangka berdiri sejak Juli 2011. Saya pun memesan 3 menu yaitu kue jongkong, panthiaw ikan tenggiri dan tekwan.

Wah, tidak perlu menunggu lama pesanan saya sudah terhidang di meja. Yang pertama saya santap adalah panthiawnya. Rasanya campur aduk di mulut. Ikan tenggiri dipadukan dengan mie tiaw  menurut saya cocok dengan siraman kuah, sambal, kecap manis dan jeruk kunci khas bangka. Hmm.. segerrrr. Setelah itu saya menyantap tekwan. Berbeda dengan panthiaw tekwan mempunyai kuah yang lebih gurih dengan campuran jamur dan irisan bengkoang. Rasanya tidak cukup hanya menikmati 1 mangkok. Yohana, manajer Restoran Kampoeng Bangka merekomendasikan untuk memilih es jeruk kunci dan kue jongkong sebagai menu penutup. Menurut Johana kue jongkong ini memiliki serat halus dan lembut seperti puding. Kue ini terdiri atas tiga lapisan warna yaitu lapisan atas berwarna putih lapisan tengah berwarna hijau pandan dan lapisan terakhir adalah gula kabung atau gula aren.

Manajer restoran Kampoeng Bangka, Johana juga menerangkan es jeruk kunci. Jeruk kunci adalah jeruk khas bangka yang bentuknya seperti jeruk nipis tapi daging buahnya berwarna merah. Es jeruk kunci ini cocok untuk orang sedang melakukan program diet. Oya, I-Listeners restoran Kampoeng Bangka juga menjual pempek, aneka otak-otak, serabi kuah duren, kue talam, mie kuah, kue bugis, lakso, dan selada mie. Ada juga lempah darat alar keladi yang merupakan sayuran khas Bangka. Soal harga jangan khawatir. Harga tiap makanan di resto ini cukup terjangkau yaitu Rp 15 ribu – Rp 30 ribu. Restoran Kampoeng Bangka buka setiap hari  dari jam 10 pagi sampai 12 malam. Selamat menikmati ya, I-Listeners .

SHARE