INASGOC Kembali Buka Pendaftaran Sukarelawan Asian Games

21

Jakarta (18/01) Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) kembali membuka pendaftaran volunter untuk Asian Games 2018. Sukarelawan hanya bisa mendaftar lewat situs resmi Asian Games.

Portal rekrutmen untuk volunter Asian Games yang dihelat 18 Agustus-2 September 2018 itu dibuka mulai Kamis (18/1) hingga 5 Maret. Peminta bisa mendaftar melalui volunteer.asiangames2018.id.

Pengumuman tersebut secara resmi disampaikan oleh Ketua INASGOC, Erick Thohir, bersama Direktur IT & INASGOC Edi Prabowo, Direktur HR &Volunteer Puspa Rani Hakim, Wakil Ketua Pelaksana INASGOC Sjafrie Sjamsuddin, di Wisma Serbaguna, Senayan.

Kami khusus memilih tanggal 18 Januari untuk meluncurkan portal rekrutmen volunter ini, sekaligus menjaga momen khusus menuju tujuh bulan lagi ke games times. Apalagi, launching portal pertama saat mencari relawan untuk test event digelar empat bulan lalu, pada 18 September,” kata Erick.

Nantinya, sepanjang perhelatan Asian Games, INASGOC membutuhkan total volunter mencapai 13 ribu orang, 11 ribu volunter untuk ditempatkan di Jakarta dan 2 ribu di Palembang.

Miniatur kerja sukarelawan akan tercermin dalam Test Event Asian Games pada 10-24 Februari. Dalam ajang itu, telah terjaring 1.574 sukarelawan dari 21.077 pendaftar.

Para sukarelawan akan terbagi dalam tiga bidang; protocol assistant, NOC assistent, dan liaison officer. Mereka nantinya dialokasikan pada 19 departemen, antara lain venue, medis, seremoni, tiket, catering, dan transportasi.

Saya mengharapkan volunteer ini bisa menjadi ahli supaya ke depan ketika Indonesia ada multievent lagi, kita siap karena setelah pasti ada multievent lainnya,” harapnya.

Jadwal rekrutmen volunteer untuk Asian Games 2018 (untuk games times):

  1. Pendaftaran online: 18 Januari-5 Maret 2018
  2. Psikotest – grup diskusi dan wawancara: Maret 2018
  3. Training: Mei 2018
  4. Job specific training oleh tiap department: Juli 2018

[teks timnewsroom/detik.com | foto inasgoc]