IDI Pastikan Vaksin Difteri Halal

31

Jakarta (18/12) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan obat yang terkandung dalam vaksin difteri halal. IDI sudah bekerja sama dengan BPOM untuk melakukan pengawasan produksi vaksin difteri.

Yang jelas tentunya kita dalam hal menggunakan vaksin sudah melakukan suatu penelitian dengan baik. Kami sudah menandatangani suatu kerja sama dengan BPOM bahwa distribusi obat itu adalah produksi yang halal,” kata Ketua Pengurus Besar IDI Ilham Oetama Marsis di kantornya, Jalan Samatulangi, Jakarta Pusat, Senin (18/12) seperti dikutip dari detik.com.

Ilham menegaskan produksi vaksin atau pun impor vaksin dilakukan sesuai aturan yang berlaku. IDI juga selalu meminta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelum obat dikonsumsi masyarakat.

Ada beberapa obat yang kita tolak karena memakai ekstrak misalnya otak babi. Tapi vaksin yang kita produksi di Bio Farma, produksi atau diimpor sudah mendapatkan sesuatu yang namanya rekomendasi dari MUI,” jelasnya.

Ilham menegaskan pemberian vaksin difteri sangat penting untuk mencegah korban meninggal dunia lebih banyak. Karena itu vaksin harus dilakukan.

[teks tim newsroom/detik.com | foto republika]

Baca juga:
7 Gelar Super Series, Marcus/Kevin Pecahkan Rekor
Jadi Lab Narkoba, Pemprov DKI Tutup Ijin Usaha Diskotek MG
Golkar Cabut Rekomendasi Cagub Ridwan Kamil