Jika I-Listeners temasuk sosok pelupa, maka artikel ini penting untuk Anda perhatikan dengan seksama. Memiliki sifat pelupa sangatlah merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berapa banyak momen serta kesempatan berharga hilang begitu saja hanya karena Anda lupa mengingatnya? Agar sifat buruk ini tidak berlanjut lebih jauh, simak deretan tips jitu berikut dari pemegang medali juara Kejuaraan Daya Ingat Dunia, Ed Cooke.

1. Musik sebagai perekat daya ingat

Melodi yang dihasilkan oleh musik merupakan paparan narasi yang baik untuk memperkuat fungsi daya ingat.

Sederhananya, Anda mungkin kerap kesulitan menghapal kalimat atau frasa secara utuh, namun ketika memadukannya dengan suatu alunan musik, maka hal tersebut mampu terekam dengan mudah ke dalam memori.

Jujur saja, Anda pasti memiliki beberapa hal atau momen yang mudah diingat ketika terasosiasikan dengan melodi musik tertentu?

2. Koneksikan hal asing dengan hal yang telah familiar

Ingatlah selalu bahwa daya ingat selalu terkoneksi satu sama lain. Salah satu cara jitu agar sambungan koneksi daya ingat tetap terjalin dengan baik adalah dengan mengaitkan hal asing atau baru dengan hal sejenis yang telah Anda kenal secara familiar di otak Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menemukan jenis kopi premium baru yang lezat namun sulit menghapal namanya, maka cukup asosiasikan dengan kopi premium lain yang sejenis, semisal kopi luwak.

Percaya tidak percaya, ketika Anda menyamakan persepsi antara kedua jenis kopi ini, maka nama kopi baru terkait akan teringat dengan sendirinya di dalam otak.

3. Belajar fokus

Terdengar sulit memang, namun Cooke memiliki ide sederhana yang ampuh mengurangi sifat pelupa. Cara ini disebut sebagai metode radio non-metafora. Anda dapat menggunakan televisi sebagai alat bantu, yakni dengan cara mengatur waktu nyalanya selama 3 menit dan kemudian mematikannya selama satu menit. Lakukan hal in berulang selama minimal 3 repetisi sebagai bentuk latihan daya ingat.

4. Belajar mengingat ulang

Mulailah menganggarkan waktu setidaknya 10 menit setiap malam untuk mengingat kembali hal-hal penting yang telah Anda jadwalkan di sepanjang hari sebelumnya. Menurut Cooke, cara seperti ini mampu meminimalisir risiko lupa karena biasanya akan terbawa mimpi dalam memori jangka menengah.

5. Menulis untuk mengingat

Manfaatkan fitur memo pada smartphone Anda untuk menulis berbagai rencana dan janji yang Anda buat. Jika suka, Anda juga dapat menambahkan fitur reminder pada setiap memo yang Anda buat agar Anda dapat diingatkan dengan mudah di waktu yang telah ditentukan.

6. Buatlah penanda di setiap hal yang Anda kerjakan

Ambilah suatu contoh situasi ketika Anda dihadapkan pada tugas pengecekan setumpuk berkas di kantor yang memiliki kemiripan satu sama lain. Berikan tanda khusus di masing-masing berkas yang telah Anda periksa, karena pasti ada perbedaan, sekecil apapun itu, yang dapat Anda jadikan pengingat.

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

[sumber Esquire Indonesia | foto nationalgeographic.co.id]

Baca juga:
Ini dia 5 alasan Anda harus menonton “Pengabdi Setan”
Perjuangan para ninja muda dalam “The Lego Ninjago Movie”
Bocoran album terbaru Sandy Canester dan Nadya Fatira

SHARE