1. Negativitas sering terjadi

Anda akan merasa putus asa. Seolah-olah yang Anda lakukan tidak ada yang penting, disertai dengan pandangan yang sangat pesimistis. Perasaan negatif lainnya meliputi sinisme, frustrasi, kelalaian, dan kekecewaan.

Wajar-wajar saja Anda mengalami hari yang buruk, tapi jika menganggap diri Anda terlalu negatif dan mudah tersinggung dalam jangka waktu lama, itu mungkin pertanda bahwa Anda terlalu banyak bekerja.

2. Kelelahan yang terus-menerus

Kelelahan bisa bersifat fisik, mental dan/atau emosional. Jika Anda merasa lelah mulai dari saat Anda bangun sampai kembali tidur, artinya ada sesuatu yang tidak beres. Kelelahan mental dan emosional sama buruknya dengan kelelahan fisik, jadi jangan hanya mengabaikannya dan berharap dapat hilang dengan sendirinya.

Anda mungkin dapat tidur 8 jam seperti yang biasanya, tetapi jika pikiran Anda menolak untuk beristirahat, maka tidur pun terasa tidak nyenyak.

3. Apatis dan tidak peduli terhadap pekerjaan

Apakah Anda merasa muak dan malas bekerja setiap pagi? Ini juga merupakan tanda-tanda kelelahan.

4. Stres yang menyebabkan penyakit

Apakah Anda jatuh sakit belakangan ini? Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit selain gangguan tidur seperti insomnia, serta rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan.

5. Penundaan yang berlebihan

Apakah Anda merasa menunda-nunda pekerjaan lebih dari biasanya di tempat kerja, bahkan ketika itu adalah tugas yang sangat sederhana? Jika iya, Anda mungkin sedang mengalami proses menuju kelelahan.

6. Stagnasi

Apakah Anda benar-benar sibuk dengan pekerjaan tapi merasa terjebak dalam rutinitas? Apakah Anda merasa seolah-olah apapun yang dilakukan tidak cukup baik? Jika Anda menjawab ya untuk keduanya, Anda tentu butuh istirahat. Anda harus bisa merasakan beberapa tingkat prestasi setiap kali anda menyelesaikan tugas atau proyek.

Kapan terakhir kali Anda mengambil cuti atau pergi berlibur? Tidak ingat? Berarti itu merupakan pertanda buruk. Pekerjaan itu penting, tapi tidak lebih penting dari kesehatan Anda. Jangan terus mengikuti pemikiran yang keliru bahwa menjadi seorang gila kerja adalah sesuatu yang bisa dibanggakan; sebenarnya tidak. Itulah tips dari jobstreet.com.

[sumber Esquire Indonesia | foto thinkstockphotos.com]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Ernest Prakasa menjadi sutradara film Susah Sinyal
3 Jajanan di Bogor yang nggak ada matinya!
Hobi berikut ini bisa membuat Anda semakin produktif

SHARE