Berawal di tahun 2012, Hammersonic Festival adalah festival heavy metal terbesar se-Asia Pasifik. Hammersonic Festival lebih dari sekedar musik dan menyajikan sesi meet-n-greet, coaching clinic dan Hammersonic Festival Award.

Para musikus Hammersonic Festival akan tampil di 3 panggung berbeda (dalam dan luar ruangan), didukung oleh sound engineering, lighting design dan konten non-musikal yang akan memberikan sensasi yang berbeda.

Hammersonic Festival 2017 akan diselenggarakan pada 7 Mei 2017 di Ocean Ecopark Ancol, Jakarta. Didukung oleh El Diablo yang telah bekerja sama dengan Hammersonic Festival sejak kemunculannya di tahun 2012. Kolaborasi ini telah menjadi sebuah medium kreasi individu yang menggandrungi musik heavy metal.

Festival ini akan dimeriahkan oleh bintang heavy metal dalam negeri dan internasional. Mulai dari Megadeth, The Black Dahlia Murder, Whitechapel, Northlane, Earth Crisis, hingga jagoan-jagoan dalam negeri seperti Seringai, Revenge The Fate, Trojan, From Hell to Heaven dan masih banyak lagi band cadas yang mengisi line-up dari lebarannya para metal head negeri ini.

Tahun 2017 menandai 5 tahun kerja sama El Diablo dan Hammersonic Festival dalam mendukung mereka yang berani tampil beda – original. Dengan mengangkat judul “Merayakan Semangat Originalitas”, originalitas adalah kemampuan untuk berani menunjukkan jiwa kreatif dan tampil beda.

Musik heavy metal sendiri dikenal dengan suara gitar yang keras dan terdistorsi, vokal yang melengking dan divariasi dengan teriakan serta gebukkan drum yang agresif. Walaupun untuk orang awam akan kesulitan untuk menikmati musik ini, keoriginalitasan musik heavy metal terlihat dalam instrumen musik yang digunakan, tempo, struktur lagu, cara bernyanyi, lirik, dentingan gitar atau gebukkan drum.

“Original adalah sesuatu yang tak hanya bersifat baru, namun juga menjadi yang pertama, berbeda, berkarakter. Inspirasi karakter tersebut bisa datang dari mana saja, seseorang harus mampu mengolah inspirasinya menjadi sesuatu yang berbeda – original.” Ujar Wendi Putranto, COO Hammersonic Festival 2017.

“Heavy metal adalah salah satu cabang dari musik rock yang berbeda dan original. Sesuai dengan perkembangan musik keras pada zamannya, kini yang termasuk dalam genre heavy metal adalah sub-genre death metal, death core, metalcore, grindcore, black metal, power metal, hingga doom/sludge metal. Terkadang karakter musiknya bisa sangat cepat atau bahkan lambat, intens, penuh energi, berkarakter, dan walau tak semua namun banyak yang mencapai sukses secara komersial. Genre musik ini mendambakan kejujuran dan autentisitas dari para penggemarnya.” lanjut penjelasan dari Wendi Putranto.

Tiket Hammersonic Festival 2017 dapat diperoleh di http://www.hammersonic.com atau jaringan tiket resmi Hammersonic Festival 2017.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks: Rivat Adi Mulya | foto: malesbanget.com]

Baca juga:
Keseruan Ecoutez, Agatha Suci dan Be3 di Love Is In The Air Concert
Ini dia para pemenang kuis TTS IRadioBBM!
Bayi pintar dan cerdik di “The Boss Baby”