Golkar Cabut Rekomendasi Cagub Ridwan Kamil

21

Jakarta (18/12) Ketua Umum Partai Golkar terpilih Airlangga Hartarto menyatakan, pencabutan dukungan kepada Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur yang didukung partai berlambang beringin sudah melalui kajian.

Tentunya DPP telah mengkaji dan hal itu berdasarkan kajian yang ada,” kata Airlangga di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, Senin (18/12).

Airlangga sekaligus membantah, pencabutan dukungan ke Ridwan alias Emil merupakan bentuk timbal balik yang diberikan kepada Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan, pencabutan itu sudah sesuai mekanisme karena Emil dinilai tidak konsisten dengan kesepakatan bersama yang diambil dengan Partai Golkar terkait calon pendampingnya.

Sebab, kata dia, Emil sendiri yang meminta Daniel Muttaqien sebagai pasangannya dan telah dikeluarkan surat keputusan. Namun ketika ditindaklanjuti pengurus DPD Golkar Jawa Barat, ternyata belum ada penentuan soal calon hingga saat ini.

Artinya, tidak konsisten melaksanakan kesepakatan. Itulah pertimbangan dasar sehingga Partai Golkar mencabut daripada rekomendasi Ridwan Kamil,” kata Nurdin.

Selanjutnya, tim pilkada pusat Partai Golkar akan menentukan nama pengganti Emil pada 20 Desember atau sesudah munaslub diselenggarakan.

Kita akan menentukan cagub Jabar dalam rapat tim pilkada pusat,” katanya.

[teks tim newsroom/cnnindonesia | foto liputan6]

Baca juga:
Ini Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions
Anies Siap Bertanggung Jawab Atas Banjir Jakarta
MK Tolak Uji Materi Perppu Ormas