ERK Mundur Sebagai Delegasi Bekraf di SXSW 2018

53

Jakarta (07/03) Beberapa hari menjelang keberangkatan ke Amerika Serikat, Efek Rumah Kaca (ERK) menarik diri sebagai delegasi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), untuk manggung di festival South by Southwest (SXSW) 2018.

Dikutip dari berbagai sumber, ERK mempermasalahkan harga tiket yang disediakan oleh Bekraf. Mereka menilai tiket yang disediakan terlampau mahal, sedangkan kuota keberangkatan dibatasi untuk 5 orang saja.

Tiket yang disediakan untuk ERK seharga Rp 32 juta, belum termasuk pembayaran bagasi domestik AS. Sedangkan ERK melihat masih banyak tiket dengan harga di bawah angka itu.

Kami sudah dobel cek, semahal-mahalnya tiket maks hanya Rp 20 juta,” ujar Manajer ERK, Dimas Ario.

Keputusan ini diambil setelah pihaknya menemukan kejanggalan dana pembelian tiket. Meski demikian, ERK tetap bakal tampil di festival tersebut dengan biaya sendiri.

SXSW merupakan festival seni kreatif dan teknologi tahunan yang digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Tahun ini Bekraf berencana mengirim enam usaha rintisan (start up) dan tiga grup musik, termasuk ERK, ke festival yang telah berumur 30 tahun tersebut. Jika terealisasikan, maka ini jadi tahun kedua lembaga pemerintah nonkementerian tersebut mengirimkan delegasi.

Efek Rumah Kaca tidak sendirian terbang ke sana. Dari ranah musik, KimoKal dan Rich Brian mendapat kesempatan yang sama untuk manggung di SXSW.

[teks timnewsroom | foto detikhot]