Punya masalah dengan kolesterol? Ingin mengatasi kolesterol Anda?

Masih Pagi Pagi Sehat bersama Kamal Rasyid, Feli Sumayku dan Dr. Paulina M.Gizi SpGK, membagi pengetahuan mengenai kolesterol bagi tubuh kita.

Kolesterol itu sebenarnya dibutuhkan dalam tubuh kita, tetapi hati kita sudah memproduksi 80% kebutuhan kita akan kolesterol, tanpa kita memakan apapun. Tubuh kita hanya butuh sekitar 20 persen atau sekitar 200 – 300 Mg kolestrol dalam sehari yang berasal dari makanan.

Permasalahannya adalah kita sering kelebihan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Contoh, dalam telur terdapat kuning telur. Jika kita memakan kuning telur, kita sudah mendapatkan kolestrol 200 Mg. Jika kita memakan kuning telur untuk sarapan maka sisanya kita hanya bisa memakan putih telur.

Kolesterol sendiri dibutuhkan untuk pembentukan empedu, vitamin D dan hormon. Kita perlu mengatur pola makan kita yang sehat agar menyeimbangkan kolestrol. Olahraga pun juga menjadi salah satu cara mengatasinya.

Efek dari kelebihan kolesterol adalah pembuluh darah kita menjadi kaku, menimbulkan plak di pembuluh darah atau penyumbatan pembuluh darah. Hal-hal inilah yang menyebabkan serangan jantung. Tekanan darah pun juga bisa naik hingga menjadi hipertensi.

Tidak selalu orang gemuk yang memiliki kolesterol tinggi, orang yang kurus pun juga bisa memiliki risiko kolestrol tinggi. Jika tingginya kolesterol sudah melebih batas angka pemeriksaan 200, maka bisa memiliki risiko terhadap jantung koroner.

Makanan yang kita pilih harus memiliki serat yang tinggi, contohnya sayuran, buah, beras merah dan lain-lain. Kurangi memakan kulit ayam, santan, minyak jenuh atau makanan yang memasak menggunakan minyak.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Hardianti Budhi]

Baca juga:
Menyapa ujung barat Indonesia bersama Rani
Sandy Canester bercerita mengenai gaya khas dan hobinya
Wizzy akan merilis debut album tahun ini