Ceceran Fakta Proses Menuju Pembukaan Asian Games 2018

134

Dalam beberapa hari ke depan, pesta olahraga terbesar di kawasan Asia (Asian Games), segera dimulai di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus – 2 September 2018.

Dalam proses menuju penyelenggaraan Asian Games ke-18, terdapat sejumlah fakta menarik. Berikut ceceran faktanya:

1. Awalnya, Asian Games 2018 akan dilaksanakan di Hanoi, Vietnam. Namun batal karena masalah finansial untuk memperbaiki fasilitas yang ada.

2. Surabaya merupakan pesaing Hanoi pada masa bidding. Karena itu, Surabaya merupakan kota favorit untuk dipilih menggantikan Hanoi. Hanya saja, Surabaya sudah terlanjur terpilih sebagai host 2021 Asian Youth Games pasca terpilihnya Hanoi sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

3. Terpilihnya Jakarta – Palembang sebagai penyelenggara Asian Games 2018 diumumkan saat penutupan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

4. Seharusnya, Asian Games ke-18 ini diselenggarakan pada tahun 2019. Dipindahkan menjadi tahun 2018 agar Pemilu 2019 tidak terganggu.

5. Pada Asian Games kali ini, cabang canoe dan eSports akan dipertandingkan untuk pertama kalinya. eSports akan menjadi cabang olahraga baru seutuhnya pada tahun 2022.

6. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan total dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang mencapai lebih dari Rp 30 triliun.

7. Maskot Asian Games 2018 ada 3: Bhin Bhin, seekor burung cendrawasih; Atung, seekeor rusa Bawean; dan Kaka, seekor badak Jawa. Nama mereka diambil dari kata “Bhineka Tunggal Ika” dan pakaian yang mereka pakai berasal dari motif dan model pakaian tradisional dari berbagai daerah.

8. Ketiga maskot itu terpilih dari sebuah sayembara desain. Tercatat ada 60 grand design yang bersaing menjadi maskot dari judul “Energy of Asia”. Sebelum terpilihnya Bhin Bhin, Atung, dan Kaka sebagai maskot, sebuah burung cendrawasih bernama Drawa dijadikan ikon acara ini.

9. Ada 39 cabang olahraga yang dipertandingkan, dan 462 pertandingan.

10. Ada 45 negara yang berpartisipasi, dengan 10 ribu atlet.

11. Diperkirakan akan ada 60 ribu penonton

12. Untuk pertama kalinya dalam 18 kali penyelenggaraan, Asian Games akan diadakan di 2 kota.

13. Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Rekor tuan rumah terbanyak dipegang oleh Thailand, sebanyak empat kali.

14. Di Asian Games 2018 ini, akan ada 3 cabang olahraga yang diikuti dua Korea dalam satu bendera Unifikasi Korea untuk pertama kalinya. Cabang tersebut adalah basket, perahu naga, dan dayung.

15. Dibutuhkan 13 ribu relawan selama masa pertandingan 18 Agustus – 2 September.

16. Investasi di Indonesia naik 5-10 persen dan 45 triliun sudah tercatat dalam perputaran uang selama persiapan Asian Games 2018.

17. Sampai saat ini, Indonesia termasuk 7 negara yang tidak pernah absen di Asian Games. Negara lainnya adalah India, Jepang, Filipina, Sri Lanka, Singapura, dan Thailand.

18. Stadion Utama Gelora Bung Karno sempat rusak karena ulah suporter Jakmania saat ajang Piala Presiden pada bulan Februari 2018. Sedangkan Stadion Jakabaring rusak karena ulah suporter Sriwijaya FC pada ajang Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di bulan Juli 2018 kemarin.

Setelah renovasi, kedua stadion tersebut di-lock down untuk sterilisasi sebelum Asian Games 2018 berlangsung.

19. Untuk soundtrack Asian Games 2018, ada total 13 lagu yg dimasukkan dalam albumnya. Via Vallen dipilih menyanyikan lagu utama yang berjudul “Meraih Bintang”.

20. Kirab obor Asian Games dimulai di India karena negara tersebut merupakan tuan rumah Asian Games pertama di tahun 1951. Dibawa khusus agar tidak mati di jalan ke Indonesia sebelum dinyalakan dengan api dari Gunung Mrapen, Jawa Tengah.

View this post on Instagram

Major Dhyan Chand Stadium, di New Delhi, India menjadi tujuan pertama kami untuk menyalakan api Torch Relay #AsianGames2018. Di stadion ini pula #AsianGames pertama kali diadakan pada tahun 1951. Setelah melalui upacara pembukaan yang dipimpin oleh beberapa anggota perwakilan parlemen India, obor diserahkan kepada lima kali juara dunia tinju, Mary Kom, yang akan menjadi pembawa obor pertama untuk memulai #TorchRelay2018. — We have arrived at Major Dhyan Chand Stadium, New Delhi, India, to light the flame that will officially start the #AsianGames2018 Torch Relay. This stadium is the birthplace of Asian Games in 1951. After being ceremoniously lit, the Asian Games flame will be passed to the members of Parliament and then to five-time world champion Boxer, Mary Kom, as she will be the first Torch Bearer to start the #TorchRelay2018.

A post shared by 18th Asian Games 2018 (@asiangames2018) on

21. Untuk memeriahkan countdown 100 hari menuju opening ceremony Asian Games 2018, INASGOC membawa member girlband K-Pop Girls’ Generation, Taeyeon dan Hyoyeon untuk menjadi simbol bahwa semangat Asian Games sudah berpindah dari Korea Selatan ke Indonesia.

22. Salah satu anggota terpilih mewakili untuk cabang sepak takraw puteri adalah anggota tim gegana di Sulawesi Tenggara, bernama Akyko Michele Kapito

23. Filipina tadinya menyatakan tidak akan mengikuti cabang olahraga basket, tetapi kembali diikutsertakan dan bahkan membawa beberapa pemainnya yang sudah berlaga di level NBA seperti Jordan Clarkson.

24. Selain Jordan Clarkson, pemain NBA lainnya yang akan meramaikan Asian Games adalah Zhou Qi dari Tiongkok. Saat ini Zhou Qi bermain untuk Houston Rockets.

25. Bridge adalah salah satu olahraga yang baru dipertandingkan tahun ini. Untuk tim Indonesia sendiri mempunyai nama yang tidak asing, yaitu Michael Bambang Hartono. Selain sebagai pemain tertua timnas Indonesia, Bambang juga dikenal sebagai pewaris dari perusahaan Djarum.

26. Untuk Bridge puteri, gelar pemain tertua dipegang oleh Rita Choksi dari India. Saat ini, perempuan ini berumur 79 tahun dan sempat menjajal olahraga bulu tangkis dan tenis meja sebelum serius menekuni cabang Bridge.

27. Tiket untuk cabang olahraga sepak bola paling cepat laris. Bahkan, untuk laga Taiwan vs. Indonesia, sudah 20.000 tiket terjual dan sekarang hanya tersisa untuk kategori VIP dan Kelas A.

28. Untuk meningkatkan antusias menyambut Asian Games 2018, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggelar lapangan olahraga mini di Terminal 3. Tersedia mini futsal, bulutangkis, tenis meja, biliard, dan sarana permainan anak-anak.

29. Tidak kalah dengan Angkasa Pura, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan atraksi air mancur di Monumen Nasional untuk menyambut Asian Games 2018. Atraksi air mancur bergoyang ini mengusung tema “Dari Jakarta untuk Asia” dan akan dilengkapi dengan rangkaian laser show, juga video mapping.

30. Pemprov DKI Jakarta juga akan mengadakan penyuluhan untuk pramuwisata agar bisa mendongkrak sisi pariwisata Jakarta. Akan dilaksanakan tanggal 8-12 Agustus untuk Asian Games, dan 8-16 Oktober untuk Asian Para Games.

31. Wisma Atlet yang sudah mulai dihuni juga sudah mendapatkan ulasan yang positif dari negara-negara partisipan Asian Games yang sudah datang saat ini.

32. Terkait fasilitas, PLN Jawa Barat juga sudah siap siaga dengan mensuplai 395 personel yang akan berjaga selama 24 jam penuh untuk menggerakan UPS di stadion dengan total kapasitas 1.880 kVA, pemasangan UGB untuk masing masing arena sebanyak 11 UGB, pengadaan dan pemasangan genset dengan total kapasitas 1.140 kVA, dan penarikan JTR.

33. Dari persiapan medis, Kementerian Kesehatan juga memperdayakan 1.805 tenaga kesehatan, yang 400 di antaranya dokter. Bersama dinas terkait menyiapkan 170 posko kesehatan di venue, tiga pusat kesehatan di luar arena, dan 230 mobil ambulans. Lima ICU mini juga disiapkan selama acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Serta dua poliklinik di Wisma Atlet, Kemayoran.

34. Untuk memperkecil kesempatan para atlet untuk melakukan doping, INASGOC menyiapkan 150 petugas antidoping dengan bekerja sama dengan PWC (Professional Worldwide Controls), yakni sebuah perusahaan internasional yang ditunjuk oleh Komite Olimpiade Asia (OCA) sebagai koordinator tim antidoping Asian Games 2018.

35. Desain untuk medali Asian Games 2018 ini mengusung tema “Bhineka Tunggal Ika” dan menggabungkan logo, maskot, dan kain yang dipakai oleh para maskot. Desain akan berbeda untuk masing-masing medali emas, perak, dan perunggu.

36. Untuk acara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, sederet artis papan atas Indonesia akan diundang untuk mengisi perhelatan besar tersebut. Sebut saja Tulus, Raisa, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Anggun, Via Vallen, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Rossa, Wizzy, Maruli Tampubolon, Rinni Wulandari, Sheryl Sheinafia, dan Kamasean. Bahkan pianis cilik hebat dari Indonesia, Joey Alexander, akan mengisi rangkaian acara tersebut.

[teks Muthia Sekar | foto detiknet]