Memiliki perut ideal adalah impian banyak orang. Namun sayangnya hal tersebut kerap sulit diraih karena beberapa faktor penghalang, seperti kurang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Untuk hal yang terakhir disebut, banyak yang menganggap sebagai dilema. Di satu sisi, pola makan sehat seringkali tidak disertai dengan cita rasa lezat ketika bersantap. Di sisi lain, menyantap makanan lezat cenderung tidak sehat karena mengandung sedikit nutrisi.

Ada cara mudah dan jitu dalam menerapkan pola makan sehat di kehidupan sehari-hari. Dengan niat dan ketekunan, niscaya pola makan sehat akan efektif bantu mengecilkan perut dan membakar lemak-lemak tubuh yang berlebih.

1. Karbohidrat bukanlah musuh

Banyak orang menganggap karbohidrat sebagai ‘setan pengganggu’ dalam menjalankan pola diet. Faktanya, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat untuk sumber tenaga. Saran terbaik untuk mengonsumsinya adalah memilih sumber karbohidrat berkadar glukosa rendah namun memiliki serat tinggi, seperti beras merah dan gandum, sebagai bagian dari pola makan harian.


2. Pilih sumber protein yang tepat

Telur dan daging putih adalah sumber protein yang paling disarankan karena memiliki kandungan protein tinggi serta berbagai zat aktif alami lainnya yang bermanfaat bantu dorong pembakaran lemak lebih maksimal.

3. Sangat dianjurkan merancang pola makan sehat

Jangan pernah berpikir diet mengekang pola makan, melainkan justru sebagai panduan dalam meramu berbagai makanan menjadi sebuah komposisi sehat. Selain itu, pola makan sehat juga mencakup pengaturan jam makan yang lebih banyak dengan takaran yang disesuaikan untuk mendapat manfaat terbaik dari sumber pangan sekaligus memberikan rasa kenyang yang nyaman.


4. Tambah porsi sayuran Anda

Awali kebiasaan mengonsumsi sayuran sehat melalui jenis-jenis yang paling mudah diterima, seperti bayam, wortel, dan brokoli. Bagaimana dengan kentang? Sebaiknya dikurangi, karena kentang sebenarnya bukan termasuk sayuran, melainkan umbi yang mengandung cukup banyak karbohidrat. Sangat disarankan bertahap menambah porsi sayuran hijau dan kaya protein serta mineral di sela-sela pengaturan pola makan Anda.

5. Kurangi konsumsi MSG

Banyak yang berkata bahwa makanan kurang nikmat jika tanpa penyedap rasa atau MSG. Padahal penyedap rasa juga dapat diperoleh dari bahan alami, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, dan banyak rempah lainnya yang kaya rasa sekaligus menyehatkan. Tinggal di negara dengan kekayaan rempah melimpah, seharusnya Anda tidak kesulitan menemukan penyedap rasa alami.

6. Pelajari sinyal lapar Anda

Belum tentu ketika perut keroncongan adalah tanda lapar, bisa jadi hanya karena terlalu banyak gas di saluran pencernaan, khususnya lambung, sehingga membuat perut Anda seolah menjerit minta makan. Jika Anda membiasakan diri makan dalam pola jam yang telah diatur, tubuh pun perlahan akan menyesuaikannya.

7. Ngemil sehat

Semua orang senang ngemil, jadi mengapa harus dihindari? Justru Anda perlu mengubah camilan yang Anda konsumsi, dari yang biasanya asin gurih dan manis, menjadi camilan yang lebih alami, seperti kacang-kacangan atau buah. Untuk jenis kacang-kacangan, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi yang memiki kandungan minyak tinggi, seperti kacang tanah.


8. Minum air putih secara teratur

Teratur minum air putih berperan penting dalam menyeimbangkan kebutuhan hidrasi tubuh dan menjaga stabilitas nafsu makan. Selain itu, minum air putih secara teratur juga bermanfaat untuk bantu membersihkan usus dari ‘sampah’ yang berisiko mengganggu lancarnya saluran pencernaan.


9. Ingat selalu tujuan sehat Anda

Jangan pernah melupakan apa tujuan Anda berupaya meraih perut kecil nan sempurna. Selain sehat, tentunya Anda juga ingin terlihat menawan dalan berpenampilan. Untuk itu, Anda bisa menempelkan reminder di berbagai gadget Anda tentang pola makan sehat. Semakin Anda serius dan konsisten dalam melaksanakan pola makan yang sehat, maka akan semakin cepat pula efek maksimal yang Anda raih.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

IListeners mau ikutan kuis TTS berhadiah mobil? Buruan daftar dan download formulirnya DI SINI!

Baca juga:
Oon Project Pop meninggal dunia
Homicide akan rilis “Complete Discography”
The Great Wall, Aksi Matt Damon di film kolosal

SHARE