Banyak penelitian yang membuktikan bahwa sarapan sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain memberi asupan energi untuk beraktivitas, sarapan juga akan menghidupkan “mesin metabolisme” tubuh yang akan membakar lemak menjadi energi.

Menurut dr. Fiastuti Widtjaksana, Sp.GK, dokter ahli gizi dari RS Siloam, Jakarta, salah satu menu sarapan yang direkomendasikan adalah telur. Sarapan telur terbukti dapat membantu meluruhkan lemak.

Penelitian di Amerika menemukan bahwa orang yang makan dua telur saat sarapan akan kehilangan dua pertiga lebih berat badannya daripada mereka yang makan makanan berkabohidrat.

Mengenai manfaat sarapan telur itu sendiri, dr. Fias memaparkan jika saat sarapan, orang dengan berat badan normal harus mengonsumsi sepertiga dari kebutuhan kalori total dalam sehari.

Kebutuhan kalori total itu sekitar 2000 kalori. Artinya, sepertiga dari jumlah kebutuhan kalori itu, atau sekitar 660 kalori, harus terpenuhi saat sarapan. Karenanya, sarapan dengan dua butir telur rebus bisa memenuhi kebutuhan kalori tersebut. Sebab, satu butir telur seberat 50 – 60 gram, mengandung 308 kalori,” terangnya.

Dengan jumlah asupan kalori yang pas, tubuh kita tentu tidak perlu menyimpan kelebihan kalori dalam jaringan sel-sel lemak. Itulah alasan mengapa sarapan dua butir telur dikatakan bisa membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsilah telur yang direbus, bukan digoreng. Cara memasak dengan direbus akan mengurangi asupan lemak berupa minyak,” tambah dr. Fias.

Source: Fitness For Men

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
LINE Concert siap digelar dengan sederet musisi papan atas
Annabelle: Creation siap “menghantui” Anda!
Aturan untuk angkutan umum di Jakarta