Bincang-bincang mengenai gangguan katarak

30
Masih Pagi Pagi Sehat

Pada 14/11, Kamal Rasyid dan Feli Sumayku di Masih Pagi-Pagi Sehat, membahas salah satu gangguan mata yang biasanya dialami oleh manusia.

Pastinya tidak hanya berdua nih I-Listeners, mereka ditemani oleh Dokter Husnun Amalia, sang spesialis mata.

Menurut Dr. Husnun sendiri katarak itu merupakan keruhnya lensa pada bola mata manusia yang terjadi pada umumnya karena faktor usia.

Usia normal penderita katarak biasanya dimulai dari sekitar 40 tahun, namun tidak jarang juga bayi yang berpotensi mengalami gangguan katarak sejak dari kandungannya.

Hal itu dapat terjadi karena adanya infeksi virus, bakteri atau mungkin mikroorganisme sewaktu kehamilan sang ibu sehingga mempengaruhi perkembangan si janin.

Namun selain dikarenakan faktor usia, faktor lainnya seperti infeksi dan trauma juga bisa menyebabkan timbulnya katarak.

Gejala katarak biasanya ditandai dengan kaburnya pandangan mata seperti berkabut atau berasap. Selain itu, silau terhadap cahaya juga dapat menjadi salah satu gejalanya nih, I-Listeners.

Namun, kabar baiknya adalah Dr. Husnun juga berbagi mengenai pencegahan yang dapat dilakukan nih terhadap gangguan ini

Untuk mencegah munculnya gangguan katarak yang lebih cepat, Dr. Husnun telah membagikan beberapa hal nih I-Listeners.

Salah satunya yaitu dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C, D, E dan juga makanan-makanan antioksidan yang pada umumnya terdapat dalam buah, sayur-sayuran dan ikan-ikan laut.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini. [teks Cindy Juliana | foto twitter @Iradiojakarta]

BACA JUGA : NAIF mempersiapkan single terbarunya