Selama ini, game selalu diidentikkan dengan hobi. Bahkan seringkali dicibir apabila seseorang terlalu lama bermain game. Namun, apakah I-Listeners tahu, kalau di Indonesia, game juga bisa dijadikan bidang untuk berkarier?

Di Pagi-Pagi Berkarier yang dibawakan oleh Kamal Rasyid dan Feli Sumayku dari IRadio Jakarta, kedatangan seorang pemain game profesional wanita yang bernama Nixia.

Nixia merupakan gamers Indonesia yang telah memenangkan banyak turname game, baik secara tim maupun individu. Ia mengaku pernah mendapatkan hadiah berupa laptop senilai 5000 dollar dalam turnamen game!

Awal mula ia terjun ke dunia game itu, ia sering main di warnet saat ia remaja.

Awalnya itu aku sekedar hobi aja pas SD. Aku punya konsol dan game. Dan yang dulu paling sering aku mainin itu Super Mario Bros. Terus aku iseng-iseng ikut turnamen, dan waktu itu pas lagi ngtren Guitar Hero.

Diskriminasi pun kerap terjadi dalam dunia game. Karena perempuan, seringkali para lelaki meremehkan kemampuannya duluan tanpa tahu skill yang dimiliki oleh Nixia.

Nixia juga bercerita mengenai komunitas gamers Indonesia. Ada banyak sekali anggotanya, bahkan per game ada kategorinya juga.

Sekarang itu lagi tren Dota 2, Counter Strike: Global Offensive, dan hadiahnya bisa 2 miliar per tahun. Hadiahnya itu paling kecil bisa 5 juta per tim, paling besar bisa 50 – 60 juta.

Dan tidak ketinggalan, kesempatan berkarier di dunia game. Di dunia game itu bisa jadi komentator lomba. Ada reviewer game, developer game, journalist khusus game, Youtuber game, ada coach dan manager juga.

Dalam turnamen game pun, juga ada teknik dan strategi tertentu untuk memenagkan pertandingan. Tim pun juga harus ada yang manage, baik untuk urus schedule/bisnis/strategi dll. Bahkan, untuk pemain game yang turut berpartisipasi dalam turnamen, juga digaji dan difasilitasi lho! Asyik banget kan?

Jadi, siapa bilang kalau main game itu cuma remeh-temeh dan tidak bisa menghasilkan?

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza | foto dok. IRadio FM]

Baca juga:
BCL syuting video klip bersama sang anak, Noah
Shaggy Dog merilis ulang album “Putra Nusantara”
Berbagai kolaborasi band lokal di We The Fest 2017