IrFM-S2-Coconut Oil

Minyak kelapa atau dikenal dengan sebutan minyak kelentik merupakan bagian yang paling penting dari buah kelapa. Minyak yang mudah dibuat dan mudah didapat ini sebenarnya sudah digunakan secara turun-temurun sejak berabad-abad yang lalu oleh nenek moyang kita.

Dilansir dari The Huffington Post, minyak kelapa mempunyai beragam manfaat yang bisa dimanfaatkan, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Berikut lima manfaat yang terkandung dalam minyak kelapa.

1. Sumber energi

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh dominan yang disebut asam lauric. Asam tersebut merupakan asam lemak rantai menengah yang digunakan tubuh secara berbeda dengan asam rantai panjang yang ada dalam makanan berlemak. Asam lemak rantai menengah diproses oleh hati dan diubah menjadi energi oleh tubuh.

2. Tingkatkan kolestrol baik

Rajin mengonsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik [HDL] sekaligus kolestrol jahat [LDL] dalam tubuh. Meskipun kedua kolestrol tersebut naik, minyak kelapa terbukti membawa manfaat baik terhadap lemak tak jenuh.

3. Antimikroba dan antioksidan

Ingin memberantas serangga di rumah Anda? Ternyata minyak kelapa memiliki manfaat untuk membunuh serangga. Selain itu. Minyak kelapa dapat melawan virus flu, bronchitis, dan jerawat. Minyak kelapa murni juga terbukti ampuh sebagai antioksidan karena mengandung senyawa fenolik.

4. Bahan untuk memasak

Gantilah minyak goreng untuk memasak dengan minyak kelapa. Rasa yang lembut dan stabil cocok untuk menumis masakan yang tidak terlalu panas. Minyak kelapa juga banyak digunakan untuk membuat kari atau masakan lain untuk menghadirkan aroma tropis.

5. Merawat kulit

Minyak kelapa sangat popular digunakan untuk menghapus riasan pada wajah. Kandungannya yang aman tidak memberikan efek samping pada kulit wajah. Minyak kelapa juga ampuh untuk melembabkan kulit yang kering dan dapat memutihkan kulit dengkul dan siku yang menghitam.

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks @nandazahra | foto sxc.hu]

Baca juga:
6 Selebriti Indonesia yang berhasil go international
Ernest Prakasa jadi anak SMA di “Stip & Pensil”
Kumpul cantik di Gastromaquia

SHARE