Bekraf Gagas Program Lahirkan Sociopreneur Muda

17

Jakarta (16/05) Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF) Triawan Munaf melihat fenomena banyaknya generasi milineal menjadi sociopreneurship (membangun usaha berbasis kegiatan sosial), dalam beberapa tahun terakhir ini sebagai tanda pertumbuhan ekonomi nasional.

Indonesia ini sebetulnya memiliki ragam pelaku Industri kreatif muda, yang bisa menjadi penggerak utama sociopreneurship di Indonesia,” ungkap Triawan Munaf, dalam acara Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, di Jakarta Pusat, Senin (14/05).

Hanya saja, banyak sociopreneur muda Indonesia dengan potensi dan pencapaian istimewa, masih  belum mendapat sorotan dan diwadahi secara baik. Padahal, kata Triawan, inovasi yang mereka ciptakan sangat menjanjikan dan bermanfaat.

Makanya saya ingin banyak pemuda yang dapat  dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu mengentaskan permasalahan sosiaI-ekonomi dengan pendekatan kreatif sociopreneur,” kata Triawan.

Untuk itu, program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu yang diprakarsai Bekraf ini, menjadi penting karena bisa memberikan wadah bagi para pemuda untuk tumbuh dalam ekosistem yang kondusif.

Saya ingin para inovator-inovator muda ditempa agar bisa menghasilkan karya yang tak hanya berguna untuk diri mereka sendiri tapi juga orang lain. Saya ingin mereka yang diajak adalah orang yang pernah gagal dan pernah putus asa dan diberi semangat lagi,” kata Triawan.

Ia juga berharap bahwa program ini tidak hanya diadakan satu kali, namun berkelanjutan. Sehingga bisa menghasilkan inovator muda yang menjadi tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia.

[teks timnewsroom | foto detikhot]