Dalam rangka merayakan Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret, Bangkutaman merilis sebuah lagu yang berjudul “Lukisan“. Uniknya, Bangkutaman berkolaborasi dengan Lokananta spesial untuk lagu ini.

Kami merasa, Bangkutaman dan Lokananta ada kesamaan, bahwa kami sudah lama ada dan kami tetap produktif loh. Hari Musik Nasional tanggal 9 Maret adalah momentum yang pas sekali untuk kami, band indie yang sudah 17 tahun berkarya di Indonesia dengan pesan humanis dan sosial, untuk memberi apresiasi sekaligus mengingatkan bahwa kami semua masih ada (Bangkutaman, Lokananta, Hari Musik Nasional). Ini lah upaya penyadaran sekaligus pengenalan akan eksistensi kami semua sebagai bagian dari kebanggaan Indonesia,” ungkap Irwin Ardy akan proyek yang diberi tajuk Bangkutaman untuk Lokananta ini.

Sedikit mungkin yang ngeh kalo 9 Maret itu adalah Hari Musik Nasional dan bingung bagaimana kita harus meresponnya. Juga tentang Lokananta, sebuah tempat yang harus dipreserve dengan baik sehingga bisa bertahan terus sampai anak cucu kita,” ungkap Wahyu Acum.

“Lukisan” merupakan lagu yang ditulis oleh Wahyu Acum di bus ketika perjalanan dari Padang menuju Pekanbaru pada 9 Oktober dua tahun lalu.

Seharusnya pesawat kami mendarat ke Pekanbaru, tapi karena waktu itu ada kejadian kabut asap dari tanggal 6 Oktober, maka kami terpaksa turun di Padang. Dari Padang kami naik bus menuju Pekanbaru. Selama perjalanan, kami melintasi jalan yang berkelok dengan pemandangan hutan dan sungai yang luar biasa indahnya,” ungkap Wahyu Acum mengenang suasana lagu itu tercipta.

Beruntungnya, ketika mereka sampai di Pekanbaru, disambut dengan hujan, dan kabut asap pun perlahan-lahan berkurang.

Mengenang kembali momen lagu ini ditulis dalam kaitannya dengan Hari Musik Nasional dan Lokananta, Bangkutaman memandang penting aktivitas mengapresiasi dan melestarikan, baik itu berupa momen maupun tempat bersejarah, dengan simbolisme alam Indonesia yang saat ini semakin serius statusnya untuk dijaga dan dilestarikan.

Lagu “Lukisan” dari Bangkutaman akan dirilis pertama kali lewat situs resmi rollingstone.co.id untuk kemudian penikmat musik bisa membeli atau streaming lewat layanan musik Digital, dari iTunes, Apple Music, Spotify, Deezer, JOOX dan lain
sebagainya.

Seluruh penjualan dari streaming juga pengunduhan lagu “Lukisan” akan diwujudkan sebagai aksi sosial yang akan juga berkolaborasi dengan Lokananta nantinya.

Selamat Hari Musik Nasional!

IListeners mau ikutan kuis TTS berhadiah mobil? Buruan daftar dan download formulirnya DI SINI!

[teks Gabriella Sakareza | foto Instagram @bangkutaman_id]

Baca juga:
MD Pictures akan merilis “Ayat Ayat Cinta 2”
4 Aturan kantor tidak tertulis yang wajib diketahui
8 Film Indonesia yang akan meramaikan bioskop di Maret 2017