Bamus DPR Batal Lantik Azis Syamsudin Sebagai Ketua DPR

20

Jakarta (11/12) Rapat Badan Musyawarah DPR antara pimpinan DPR dan 10 Fraksi di DPR, berlangsung hari ini, Senin (11/12). Rapat digelar di lantai 3 gedung Nusantara III kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Rapat yang membahas soal pengunduran diri Setya Novanto dari kursi ketua DPR dan penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai pengganti Novanto itu menghasilkan beberapa keputusan.  Salah satu hasilnya ialah Bamus menerima pengunduran diri Novanto.

Bamus juga membahas soal surat penunjukan Aziz Syamsuddin oleh Novanto sebagai ketua DPR. Namun, terkait Aziz, Bamus DPR tak menyepakati Aziz sebagai ketua DPR.

Semua surat yang masuk akan dibacakan. Yang dibacakan nomornya dan perihalnya,” ujar Ketua F-Golkar Robert Kardinal usai Bamus, seperti dikutip dari detik.com.

Robert menegaskan Aziz Syamsuddin tak akan dilantik hari ini. Soal ketua DPR pengganti Novanto, Bamus menyerahkan kembali ke internal Golkar.

Nanti akan dibicarakan di partai sendiri. Tidak, tidak (Aziz tidak jadi ketua DPR),” ucapnya.

Sebelumnya, dari balik rutan KPK, Setya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai penggantinya sebagai Ketua DPR.

Surat tersebut diterima Ketua Fraksi Golkar Robert Joppy Kardinal dan sempat dibahas dengan F-PPP serta F-PKB di ruang F-Golkar.

Tak hanya ke F-Golkar, Novanto juga mengirimkan surat ke pimpinan DPR dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

[teks tim newsroom/detik.com | foto media indonesia]

Baca juga:
Protes Trump soal Yerusalem, Massa Berunjukrasa di depan Kedubes AS
Otto dan Frederich Mundur Sebagai Kuasa Hukum Setnov
Sandiaga Targetkan Tanggul Pantai Jakarta Selesai 2020