Badan Sehat, Rumah Pun Bersih

19

Untuk tetap bugar, Anda tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke pusat kebugaran. Cukup mengerjakan pekerjaan rumah saja. Selain rumah bersih, badan juga jadi lebih sehat, bugar, dan kalori pun terbakar. Berikut ini olahraga rumahan yang bisa Anda lakukan.

Berkebun

Kegiatan di luar rumah ini ternyata selain mengasyikkan juga membakar kalori dan mampu mengencangkan otot-otot. Habiskan waktu 30 menit untuk menggali tanah dan menanam. Itu artinya, Anda telah membakar 315 kalori sama seperti bersepeda selama 45 menit di jalanan datar.

Kegiatan memotong rumput dapat membakar 325 kalori per jam dan menyiangi rumput membakar 115 kalori per 30 menit. Menyiangi rumput juga bermanfaat untuk memperkuat paha dan bokong Anda lho.

Menyapu dan Mengepel

Kedua kegiatan ini dapat membakar 240 kalori per jam. Menyapu dan mengepel menggerakkan bagian atas dan bawah tubuh. Jika Anda menggunakan vacuum cleaner, kalori yang terbakar sebanyak 90 kalori per 30 menit.

Membersihkan Jendela

Membersihkan jendela dari kotoran dan debu yang menempel dan menumpuk ternyata dapat membakar 125 kalori. Jika ditambah dengan membersihkan perabotan rumah, maka ekstra 50 kalori dapat menghilang dari tubuh Anda.

Membersihkan Kamar Mandi

Menggosok lantai, sela-sela wastafel, membersihkan sisa-sisa buih sabun dan kotoran di dalam kamar mandi dapat memperkuat otot lengan dan bahu. Terbukti, kegiatan ini juga dapat membakar sebanyak 200 kalori jika Anda lakukan selama 30 menit.

Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian dengan tangan ternyata sangat menyehatkan lho! Ada sebanyak 70 kalori yang terbakar per 30 menit saat Anda melakukan aktivitas ini.

Menyetrika

Kalori yang terbakar sebanyak 70 kalori per 30 menit. Gunakan papan setrika dan berdirilah dengan tegak, dan gunakan pula kedua tangan secara bergantian jika perlu.

Memasak

Aktivitas memasak dapat membakar 150 kalori per jam.

Bagaimana? Olahraga rumahan ternyata juga menyehatkan dan membuat bugar bukan? Dan asyiknya lagi, rumah Anda kini jadi terlihat lebih bersih dan rapi. (M&B/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia