Menjaga agar cairan tubuh tetap tercukupi adalah salah satu faktor kunci supaya Anda tetap bugar. Selain itu, dengan mencukupi kebutuhan cairan, performa Anda saat latihan pun semakin meningkat. Intinya, dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda akan meningkatkan level energi Anda.

Lebih jauh lagi, menjaga pasokan cairan dalam tubuh, terutama dengan minum air, akan membantu sistem pencernaan Anda, meningkatkan kesehatan kulit, serta meningkatkan kualitas tidur.

Memang, kedengarannya minum air yang cukup merupakan hal yang mudah, tapi menurut sebuah studi dari Center for Disease Control and Prevention, hanya sekitar 43% orang Amerika yang minum delapan gelas atau lebih air setiap harinya.

Meskipun tidak ada kajian yang lebih dalam seberapa banyak asupan air yang dianjurkan dalam sehari, ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda kenali jika Anda kekurangan cairan.

1. Anda mengalami sakit kepala

Rasa sakit kepala ini akan berbeda-beda sensasinya di setiap orang. Sakit kepala akibat dehidrasi bisa terasa ringan bahkan bisa terasa sangat berat.

Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan, otak Anda bisa berkontraksi atau mengecil sementara. Hal itu akan membuat otak Anda ‘menarik’ diri dari tulang tengkorak yang menyebabkan rasa sakit tersebut.

2. Warna urin kuning pekat

Kapan terakhir Anda buang air kecil? Jika Anda tidak bisa mengingat kapan Anda buang air kecil, hati-hati, itu bisa jadi tanda Anda mengalami dehidrasi.

Jika Anda cukup minum air, warna urin Anda akan berwarna kuning terang transparan. Namun jika Anda menyaksikan warna urin kuning pekat, atau belum kencing sama sekali, itu sungguh tidak baik. Segera minum air!

3. Bau mulut

Ketika Anda haus, mulut Anda akan memberi Anda sinyal. Dan orang lain juga bisa kena imbasnya. Dehidrasi dapat membuat mulut Anda kurang memproduksi saliva, yang mana dapat membuat bakteri tumbuh lebih cepat dan membuat mulut Anda bau.

4. Kulit Anda kering

Ketika Anda tidak memiliki cukup cairan di dalam tubuh, Anda tidak akan memiliki pasokan darah yang cukup yang mana bisa membuat kulit Anda kering.

5. Anda jadi mudah lelah

Tadi sudah disebutkan bahwa ketika dehidrasi, Anda kekurangan volume darah. Nah, pada akhirnya hal tersebut akan membuat otot Anda mudah lelah dan daya tahan menjadi semakin berkurang. Bagi Anda yang berolahraga pun akan membutuhkan waktu yang lama untuk pemulihan.

Hal itu terjadi karena kurangnya cairan dan elektrolit di dalam tubuh Anda membuat oksigen lebih sulit terserap otot dan otak, membuat Anda lebih cepat merasa lelah.

Sumber: Fitness For Men Indonesia

Baca juga:
10 tahun berkarier, Rinni Wulandari siapkan kejutan!
Andien akan meramaikan Fashion Rocks 2017!
Lelah di kantor? Atasi dengan 5 trik ini

SHARE