Aplikasi Ramah Anak yang Edukatif dan Menghibur

14

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Si Kecil adalah termasuk generasi milenial. Hal ini pun membuat mereka mengenal berbagai teknologi yang berkembang saat ini. Tak terkecuali, dalam memilih tontonan yang mereka sukai.

Gadget pun menjadi satu alat yang digunakan untuk sarana hiburan anak. Keberadaan perangkat teknologi ini pun bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi Si Kecil. Hal tersebut bisa ditemukan dalam platform digital, Youtube Kids.

Sejak diresmikan pada September 2018 lalu, Youtube Kids semakin mengembangkan fitur-fitur yang bisa digunakan orang tua. Ini akan membantu dalam mengontrol konten yang akan ditonton anak mereka, terutama pada anak umur 2-10 tahun.

Youtube Kids sudah bisa diunduh pada pengguna smartphone Android maupun iOS. Aplikasi ini hadir dan dirancang khusus untuk anak-anak. Selain layar yang berubah menjadi horisontal secara otomatis, ikon di dalamnya pun disesuaikan dan relevan untuk Si Kecil.

Untuk membuka aplikasinya, Anda bisa membuatkan profil khusus untuk anak sebagai pengguna. Orang tua pun bisa memilih tiga kelompok usia, dari prasekolah, usia sekolah, atau semua umur. Ini akan memengaruhi konten yang muncul dalam profil anak Anda.

Selain itu, tersedia juga timer yang bisa digunakan untuk mengatur waktu menonton Si Kecil. “Bagi orang tua yang mudah ‘dirayu’ anak mereka dalam menonton video, fitur ini sangat bermanfaat untuk membatasinya. Timer pun maksimal hanya 1 jam, karena kami rasa durasi tersebut adalah yang paling aman buat anak,” jelas Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia.

Selain itu, terdapat fitur parent approved mode yang membantu orang tua memilih sendiri video atau channel yang tersedia dan bisa dinikmati Si Kecil. Penelusuran juga bisa diaktifkan atau di non-aktifkan, sehingga dapat mengontrol video tontonan anak.

Agar Si Kecil belajar tentang privasi, aplikasi ini juga menyediakan kode sandi pribadi yang bisa digunakan anak untuk mengakses profil mereka. Orang tua dapat membuat hingga delapan profil berbeda dalam satu perangkat agar tontonan yang dilihat si kakak ataupun si adik bisa disesuaikan dengan umur mereka.

Dongeng, Yuk!
Sebagai aplikasi edukasi serta hiburan anak, Youtube Kids bekerjasama dengan Ayo Dongeng Indonesia meluncurkan inisiatif Dongeng, Yuk!. Di dalamnya, Anda dapat menemukan berbagai cerita rakyat sebagai langkah untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak.

Tersedia 34 cerita rakyat dari 34 provinsi yang diangkat dan diceritakan kembali. “Kami berharap kegiatan ini mampu membantu melestarikan cerita rakyat Indonesia serta pesan moral positif di dalamnya yang patut diteladani tidak hanya kepada masyarakat Indonesia tetapi juga kepada dunia,” ujar Ryan Rahardjo, Senior Analyst Public Policy & Government Relations Google Indonesia.

Jadi, sekarang Anda bisa lebih tenang ketika Si Kecil menonton video melalui Youtube Kids. Dengan membatasi konten yang sesuai dengan usia anak serta tanpa kolom komentar, diharapkan dapat menjaga keamanan tumbuh kembang mereka lebih baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia