Kedubes Prancis di Indonesia memberikan penghargaan kepada lima tokoh berprestasi Indonesia. Dari kelima tokoh tersebut, salah satunya adalah sang penulis buku “Laskar Pelangi“, Andrea Hirata.

Andrea Hirata diketahui mendapatkan beasiswa Uni Eropa ketika melanjutkan pendidikan Master Ekonomi Telekomunikasi di Universias Sheffield, Inggris dan Universitas Paris 1 Sorbonne di Prancis.

Di Prancis sendiri, novel ‘Laskar Pelangi’ diterbitkan oleh penerbit ternama Mercure de France dan terlaris di negara-negara berbahasa Prancis lainnya. Di Indonesia, film yang diadaptasi dari novel tersebut pun menjadi film yang paling banyak ditonton (4,6 juta penonton).

Andrea Hirata telah meraih banyak penghargaan di bidang literatur, salah satunya New York Book Festival 2013.

Namun tidak hanya Andrea, keempat tokoh lain yang turut mendapatkan penghargaan ialah Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (Rektor ITB), Ajeng Kamaratih (presenter televisi), Dr. H. Sapta Nirwandar, SE (mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2011) dan Gadis Arivia (pendiri Jurnal Perempuan sekaligus pengajar filsafat Universitas Indonesia).

IListeners mau ikutan kuis TTS berhadiah mobil? Buruan daftar dan download formulirnya DI SINI!

[teks Gabriella Sakareza / sumber detik.com | foto alchetron.com]

Baca juga:
Upi mengkonfirmasi kabar film My Stupid Boss 2!
G.A.C berhasil menduduki posisi pertama chart minggu ini!
Mencicipi nikmatnya kopi khas Indonesia di Diskus Ruang Kopi