Anda Perokok Aktif? Perbanyaklah Konsumsi Vitamin C!

52

Perokok aktif butuh asupan vitamin c lebih banyak demi mencegah datangnya penyakit dan gangguan kesehatan.

PAPARAN radikal bebas seperti polusi, asap rokok dan stres memberi celah untuk virus penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, tubuh membutuhkan antioksidan untuk mengeliminasi radikal bebas tersebut. Antioksidan bisa diperoleh dari asupan makanan yang kaya vitamin C, seperti sayur dan buah, atau suplemen vitamin C.

Lalu, bagaimana jika Anda tergolong sebagai perokok aktif? Menurut Marya Haryono, dokter ahli gizi Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, perokok aktif berisiko terpapar radikal bebas lebih besar, dan karenanya butuh vitamin C lebih banyak agar virus penyakit tidak masuk dan berkembang dalam tubuh.

“Mengapa perokok lebih butuh banyak vitamin C, karena paparan radikal bebasnya tinggi, jadi respons inflamasi dalam tubuhnya juga tinggi. Asupan vitamin C dapat mengeliminasi paparan asap tersebut,” ungkap Marya di sela-sela diskusi kesehatan dalam peluncuran Oronamin C, di Ocha Bella Restaurant, di Jakarta Pusat, Kamis (5/7).

Berapa banyak tambahan yang dibutuhkan? Menurut angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan vitamin C harian orang Indonesia itu 70-90 miligram.

“Di mana kalau dalam konsumsi sayur, kamu perlu mengonsumsi 4-5 sayur setiap hari. Nah, untuk perokok tambahan asupan vitamin C-nya yang perlu dicukupi setiap harinya itu ialah 35 miligram,” urai Marya.

Selain itu, kata Marya, perokok pasif juga perlu mengonsumsi lebih banyak vitamin C hariannya. Itu karena asap rokok yang dihembus perokok aktif terhirup ke dalam tubuhnya yang membuat tubuhnya juga riskan dimasuki virus penyakit. Oleh karena itu, perlu tambahan vitamin C bila ia ingin tidak mudah jatuh sakit, entah karena batuk, flu dan penyakit lainnya.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang punya kebiasaan merokok atau seorang perokok pasif, sebaiknya menambahkan lagi asupan vitamin C harian. Caranya, dengan perbanyak makan sayur dan buah atau suplemen vitamin C agar tidak mudah terserang penyakit dan tetap nyaman beraktivitas.

Sumber: herworld.co.id

(Foto: Freepik)