Banyak sekali pasangan suami istri yang berangan-angan tentang akan menjadi apakah kelak anaknya nanti? Jika Anda pasangan yang memiliki anak perempuan, mungkin menjadi seorang Polwan adalah pekerjaan yang mulia.

Walaupun kerap diidentikan dengan sifat tomboy, kecantikan para polwan Indonesia nggak kalah dengan para pramugari lhoI-Listeners!

Lalu bagaimana dengan syarat-syarat untuk bisa menjadi polwan? Di Pagi Pagi Berkarier bersama Kamal Rasyid dan Feli Sumayku dari IRadio Jakarta kedatangan AKP Arninsi SH, SIk yang menjelaskan syarat-syarat untuk menjadi polwan.

Batasan umur, umumnya minimal usia pada saat dilantik yakni 18 tahun. Namun pada saat pendaftaraan, biasanya berbeda-beda, karena untuk menjadi seorang polisi sendiri sumbernya bermacam-macam.

Untuk yang mengambil jalur Perwira diharuskan menempuh pendidikan Akpol, dan untuk yang akan menjadi Bintara harus menempuh Bintara Polri. Dan untuk batasan umur, di masing-masing sumber penerimaan itu berbeda.

“Kenapa pengen jadi polwan,?” pertanyaan tersebut sering terlontar kepada beliau, tetapi AKP Arninsi sendiri mengaku tidak pernah bercita-cita untuk menjadi polwan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran beliau mengidolakan sang kakak yang juga berprofesi sebagai polwan.

Beliau mengawali kariernya dengan mendaftar sebagai Bintara hingga dua kali setelah lulus SMA, tapi ternyata beliau tidak berhasil diterima, dan memutuskan untuk mengambil kuliah. Setelah itu ada pembukaan untuk pendaftaran Akademi Kepolisian.

Walaupun pada awalnya beliau tidak memahami garis besar dari Akademi Kepolisian, tapi pada akhirnya beliau mendaftarkan dirinya. Yang hingga saat ini beliau sudah mencapai pangkat AKP.

Jadi memang proses untuk menjadi seorang polisi itu tidak gampang, proses seleksinya panjang. Seperti dilatih cara untuk menembak, dilatih bela diri judo, sampai kegiatan lapangan seperti Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TP-TKP). Lalu dilatih pula tentang bagaimana cara melayani masyarakat, maupun kegiatan mengatur lalu lintas di jalan.

Nah kebetulan nih I-Listeners, sekarang Polri sedang membuka pendaftaran dari mulai 14 Maret sampai 15 April 2017. Buat Anda yang bercita-cita atau kepengen menjadi anggota Polisi, terbuka untuk pendaftaran Akpol, Bintara Polri, dan Tamtama Polri.

Mungkin pendaftaran ini bisa menjadi kesempatan buat Anda, I-Listeners! Informasi selengkapnya bisa dicek di website resmi Polri.

IListeners mau ikutan kuis TTS berhadiah mobil? Buruan daftar dan download formulirnya DI SINI!

[teks: Rivat Adi Mulya | foto: dok. IRadio FM]

Baca juga:
Rahasia Intelijen merilis video klip “API”
Orkes Moral Pengantar Minum Racun memparodikan lagu Kunto Aji
Hal-hal berikut ini bikin nostalgia ke tahun 90an!