Akhir Tahun 2018, Ruas Tol Jakarta-Surabaya Tersambung

29

Sragen (28/11) Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51,21 Kilometer (KM) sudah beroperasi penuh. Presiden Joko Widodo meresmikan langsung segmen ketiga untuk jalur tol Solo-Ngawi. Selanjutnya, penyelesaian ruas tol lain seperti Semarang-Batang, Semarang-Solo-Salatiga-Kartasura ditargetkan selesai dan bisa digunakan pada Desember 2018. Dengan demikian, dari Jakarta-Surabaya pada akhir 2018 sudah tersambung ruas tol.

Ini setelah tadi disampaikan pada saya akhir tahun ini kita pastikan Jakarta-Surabaya tersambung. Terus setelah itu ya ke Timur lagi sampai Banyuwangi. Kita harapkan 2019 rampung juga semua sehingga Merak sampai Banyuwangi 2019 kita harapkan selesai”, ujar Presiden Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan tol yang dibangun harus bisa dimanfaatkan oleh kepala daerah untuk kepentingan industrialisasi hingga pengembangan pariwisata. Hadirnya tol kata Jokowi, akan mendorong investasi masuk seperti ke Kabupaten Ngawi untuk membangun kawasan industri besar. Bukan hanya itu, produk lokal dan kuliner dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu diberi kesempatan mengisi tempat istrihat atau rest area sepanjang ruas tol.

Ini mau dikonsep lagi dalam bentuk food court, nanti bareng-bareng, lebih bagus juga”, ungkap Jokowi

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi David Wijayatno mengatakan bahwa penerapan tarif tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diterima perusahaan pada 12 November lalu.

Adapun, penetapan tarif tersebut akan didahului dengan sosialisasi kepada masyarakat. Rencananya, ruas tol yang menjadi bagian dari jalan Solo—Ngawi sepanjang 90,43  kilometer tersebut dibuka untuk umum secara gratis mulai Rabu (28/11) petang pukul 18.00 WIB.

[teks&foto timnewsroom]