Adinia Wirasti Menyelamatkan Orangutan

19

Adinia Wirasti dan Richard Kyle berkolaborasi bersama Kiehl’s untuk turut serta menjaga kelestarian Orangutan di Indonesia.

Pernahkah Anda membayangkan jika seluruh dunia hanya diisi seluruhnya oleh manusia tanpa adanya tumbuhan dan satwa di sekitar Anda? Tentunya hal tersebut dapat mengganggu keberlangsungan ekosistem lingkungan Anda.

Terdapat sebuah fakta yang mengatakan bahwa terdapat sekitar 80% satwa liar yang berada tidak pada tempat seharusnya dan 75% dari Orangutan liar dapat Anda jumpai di Luar Kawasan Konservasi.

Menyadari hal ini, salah satu brand kosmetik asal Amerika Serikat, Kiehl’s kembali melanjutkan sebuah gerakan untuk melestarikan keberadaan Orangutan di Indonesia. Acara yang berlangsung pada Kamis pekan lalu di kawasan Jakarta Selatan ini bertajuk #PelukUntukOrangutan, Recover Their Home, Recover our Future.

Kiehl’s yang bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Adinia Wirasti, serta Richard Kyle, memfokuskan penggalangan dana untuk komunitas warga Dayak Wehea yang aktif menjaga hutan lindung tersebut.

Adinia dan Richard secara eksklusif mendesain kemasan pada produk Midnight Recovery Concentrate. Dengan ilustrasi berkonsep Orangutan tersebut, produk serum tersebut dijual terbatas, dan untuk satu buah penjualan produk maka Kiehl’s akan menyumbangkan 50.000 rupiah sebagai upaya pelestarian Hutan Lindung Wehea.

Selama menjalankan gerakan ini, Kiehl’s dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara turut serta dibantu oleh para kontributor yang berasal dari kalangan masyarakat dan komunitas. Salah satunya adalah kontribusi Petkuq Mehuey, sebutan untuk penjaga hutan lindung di kawasan Wehea yang secara konsisten melindungi habitat Orangutan.

“Keberadaan Petkuq Mehuey sangat penting bagi kelestarian hutan Wehea. Penjaga hutan tradisional yang dibentuk oleh Kepala Adat Wehea ini merupakan bukti bagaimana masyarakat yang hidup di hutan dapat turut sserta menjaga kelestarian habitat Orangutan,” jelas Rizal Algamar selaku Ketua Yayasan Konservasi Alam Nusantara.

Gerakan ini diharapkan dapat melindungi populasi dan habitat Orangutan di Hutan Lindung Wehea dan melestarikan hutan hujan tropis basah di Kalimantan sebagai paru-paru dunia.

Anda dapat ikut berpartisipasi dalam melestarikan Hutan Lindung Wehea dan melindungi habitat Orangutan bersama Kiehl’s dan TNC Indonesia dengan cara mengunggah foto berpose memeluk, membagikan info kampanye ini di halaman Facebook hingga membeli produk edisi terbatas.

(Penulis: Meiske Fabiola H; Foto: Dok. Kiehl’s Indonesia)

Sumber: Harpers Bazaar Indonesia