I-Listeners, bagaimana biasanya rutinitas tidur kalian? Meringkuk dalam selimut, secangkir susu hangat dan satu novel di tangan yang lain? Atau malah gagal tidur, menatap layar handphone sampai pagi?

Yang pasti kita semua berjuang untuk tetap pada rutinitas tidur yang sehat kan. Nah, kalau I-Listeners ingin tidur dengan nyenyak, coba deh baca buku favorit kalian.

Berikut beberapa alasan kenapa kalian harus membaca sebelum tidur. Jadi, buang ponsel Anda jauh-jauh, dan cobalah duduk dengan sebuah buku yang bagus. (mungkin ditambah kopi, teh ataupun susu panas akan membuat suasana semakin oke!)

Anda akan mengingat lebih banyak

giphy.com

Saat kalian tidur, otak kalian akan membuang semua ingatan jangka pendek ke dalam memori jangka panjang. Itu berarti, apa yang kalian baca sebelum tidur akan selalu kalian ingat, I-Listeners!

Waktunya terlepas dari layar handphone

giphy.com

Kita semua tahu bahwa kita akan tidur lebih nyenyak jika kita mengurangi durasi melihat layar sebelum tidur. Tetapi, kebanyakan dari kita masih tertidur dengan handphone/laptop/kalkulator yang kita sayangi menjatuhi wajah kita. Oops!

Tapi kalau I-Listeners mau menyisihkan waktu sebelum tidurnya untuk membaca buku, itu artinya akan memberikan kesempatan mata kalian untuk beristirahat dari cahaya layar yang sehari-hari kita pandangi.

Ritual relaksasi

giphy.com

Kalau I-Listeners punya masalah dengan susah tidur, kebanyakan dokter dan blogger akan memberikan rekomendasi untuk melaksanakan ritual relaksasi sebelum terlelap di atas kasur kesayangan kita.

Membaca adalah salah satu ritual yang baik, hal itu memaksa kita untuk berbaring dalam kamar kita yang sepi, dan tidak membosankan karena kita selalu membaca sesuatu yang baru.

Kalian nggak akan bisa melewatinya!

giphy.com

Kalau sudah tahu bagaimana serunya membaca sebelum tidur, maka Anda akan menyisihkan waktu itu membaca setiap hari, dan akhirnya membaca lebih banyak buku daripada sebelumnya.

Mengurangi tingkat stress

giphy.com

Membaca terbukti mampu mengurangi tingkat stress kita lho, I-Listeners! Membaca juga akan memudahkan kalian melupakan hal-hal yang sedang dicemaskan!

Tidur nyenyak, mimpi indah

giphy.com

Memang nggak ada penjelasan secara ilmiahnya sih, kok bisa ya karena baca buku jadi mimpi indah? Semua tergantung buku yang kalian baca juga, I-Listeners!

Daripada baca buku horor sebelum tidur, mendingan baca buku tentang fantasi menarik, yang ingin Anda datangi di mimpi saat tidur!

Kita akan jadi lebih fokus

giphy.com

Tidak hanya mendorong konsentrasi kita, membaca sebelum tidur juga dapat membantu kita lebih fokus lho! Anda tidak mudah terdistraksi dengan gangguan-gangguan yang ada. Membaca sebelum tidur adalah salah satu momen yang terjamin dalam damai.

Bisa membaca secara privacy

giphy.com

Akan terasa lebih emosional ketika kalian membaca di tempat tidur sendiri, bukan di tempat umum yang berisikan banyak orang. Kalian bebas untuk tertawa, menangis, atau mencari definisi dari isi hati kalian saat sedang berada di tempat tidur. Ciiee..

Memudahkan kalian untuk tertidur

giphy.com

Memang benar, membaca buku bisa memberikan tidur yang nyenyak buat kita lho, I-Listeners! Dengan membaca buku, akan menenangkan otak kita dan dapat membantu untuk melakukan transisi secara damai ke alam mimpi.

Gimana nih I-Listenerstertarik untuk mulai baca buku sebelum tidur? Atau sudah jadi kebiasaan dari dulu? Buat yang belum, yuk dicoba! Jangan lupa, gunakan lampu yang cukup saat membaca, agar tidak merusak mata kalian ya!

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

[teks Adhi Satria / sumber bustle.com| foto bustle.com]

Baca juga:
Lukman Sardi membintangi tiga film saat lebaran!
Sandhy Sondoro mengajak silaturahmi lewat “Lillahi Ta’ala”
Agamamu Agamaku menurut Tompi