I-Listeners, tidak hanya pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan, namun ada beberapa industri atau perusahaan di Indonesia yang kesulitan mencari pekerja? Berikut adalah profesi yang paling dibutuhkan di Indonesia saat ini.

Data Analyst
Berdasarkan jawaban para eksekutif perusahaan, orang dengan profesi data analyst diperlukan untuk menafsirkan data yang selanjutnya digunakan dalam pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan. Sekarang, hampir semua data tersedia dalam format digital dan diperlukan seorang data analis untuk bisa membaca data yang besar.

Dokter
Ada dua permasalahan utama seputar profesi dokter di Indonesia. Pertama jumlahnya yang masih kurang. Menurut Kementerian Kesehatan, saat ini terdapat sekitar 109.597 dokter di Indonesia. Sedangkan pemerintah menargetkan agar jumlahnya mencapai 200ribuan.

Artinya masih dicari sekitar 110 ribu dokter lagi. Masalah kedua adalah penyebaran dokter yang nggak merata di berbagai daerah. Profesi sebagai ahli medis akan semakin banyak dibutuhkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan penanganan dan pencegahan medis serta bertambahnya penyakit kronis.

Software Engineering
Peranan software engineering sangat penting dan semakin diperlukan. Pasalnya, saat ini lahir berbagai bisnis start up berbasis teknologi. Semakin majunya perkembangan teknologi di Indonesia berimbas pada naiknya kebutuhan akan ahli rekayasa perangkat lunak (software engineer).

Profesi sebagai software engineer tidak hanya membutuhkan seseorang yang cerdas tetapi juga memiliki kreativitas dan ketekunan yang tinggi karena pekerjaan ini tidak hanya terpaku pada pengembangan perangkat lunak, tetapi juga pada manajemen kualitasnya.

Marketing
Setiap perusahaan apapun bidangnya pasti membutuhkan tenaga marketing baik itu market research analyst ataupun marketing specialist. Untuk menaikkan angka penjualan suatu perusahaan dibutuhkan tim marketing yang baik dan solid sehingga kebutuhan akan ahli marketing akan selalu besar.

Jobstreet.com melakukan sebuah riset terhadap 72 perusahaan mengenai jenis tenaga kerja yang sangat mereka butuhkan. Dari survei tersebut didapatkan hasil bahwa sebanyak 37,1% perusahaan membutuhkan ahli marketing untuk perusahaannya. Dari gambaran tersebut bisa disimpulkan bahwa tenaga marketing akan terus banyak dibutuhkan tiap tahunnya.

Pilot
Beberapa maskapai lokal Indonesia masih memperkerjakan pilot-pilot asing untuk memenuhi kebutuhan pilot mereka. Profesi ini sebenarnya sangat diminati sekaligus dibutuhkan karena menjanjikan gaji yang besar, terlebih lagi dengan banyaknya maskapai penerbangan di Indonesia.

Sejalan dengan kebutuhan pilot yang masih jauh dari jumlah ideal, industri penerbangan Indonesia juga masih kekurangan tenaga Air Traffic Controller (ATC) dan teknisi pesawat terbang.

Translator
Dilansir dari Forbes, tahun ini diperkirakan akan ada kenaikan lowongan penerjemah sebanyak 42% di seluruh dunia. Apa alasannya? Selain karena masalah globalisasi, masuknya berbagai institusi dan perusahaan asing ke berbagai negara juga membutuhkan penerjemah untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Itulah alasan kenapa penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan untuk wanita. Beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan penerjemah adalah edukasi, rumah sakit, perusahaan internasional, kedutaan dan masih banyak lagi.

Public Relation
Semua perusahaan saat ini sudah tahu pentingnya memperlihatkan ‘image’ yang sesuai di depan publik. Disinilah peran seorang Public Relation sangat dibutuhkan. Kebutuhan tenaga PR juga datang dari perusahaan besar yang memiliki aktivitas bisnis luas. Peluang karier PR sangat besar dan luas, sejalan dengan modernisasi yang terjadi di segala bidang.

Sosial Media Strategist
Di zaman sekarang ini sepertinya hampir semua orang setidaknya mempunyai 1 akun Facebook dan Twitter atau akun-akun social media lainnya. Penggunaan social media yang sangat tinggi saat ini memang memunculkan lahan kerja baru yang menggiurkan.

Sebagai bagian dari strategi promosi, banyak brand yang membutuhkan tenaga admin untuk mengelola situs web ataupun media sosial. Bayangkan Anda dibayar untuk ‘bermain-main’ seharian di Facebook, Twitter, Path, Instagram dan akun media lainnya yang lagi nge-hits saat ini.

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto siasat.com]

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
3 Influencer Indonesia yang merambah ke dunia bisnis
Lima band papan atas Indonesia akan tampil di 5UPERGROUP
Lagu “Terpesona” puncaki Indonesia 40

SHARE