8 Makanan Ini Efektif Mencegah Flu

26

Musim peralihan seperti saat ini memang menjadi waktu yang cukup krusial bagi daya tahan tubuh kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan dengan benar maka salah satu penyakit yang paling sering menganggu tubuh adalah flu. Ditandai dengan kepala pusing, suhu tubuh yang meningkat, tubuh lemas, serta mata berair penyakit ini sebenarnya bisa Anda cegah lho! Yuk simak 8 makanan yang efektif membantumu mencegah flu berikut ini.

1. Jahe

Di cuaca yang tak menentu saat ini, jahe bisa Anda andalkan lho girls untuk mencegah flu. Jahe mengandung zat yang mampu melepaskan racun dalam tubuhmu. Sehingga membantu Anda yang terserang flu maupun batuk.

Kandungan di dalam jahe pun mampu menghangatkan perutmu, meredakan mual, serta keringat dingin yang mengganggu harimu. Anda bisa mencampur jahe dengan air hangat dan madu agar mendapat segala manfaatnya.

2. Madu

Sudah sejak lama madu dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat. Salah satunya baik untuk kesehatan. Madu berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh, mencegah terjadinya infeksi, serta meredakan risiko demam.

Bagi Anda yang tenggorokannya tidak enak dan batuk, madu juga bermanfaat sebagai obat batuk alami lho. Mengonsumsi air madu hangat mampu memberi rasa lega pada tenggorokanmu.

3. Lemon

Kaya akan vitamin C yang tinggi membuat lemon menjadi bahan makanan yang efektif mencegah flu. Lemon membantu menjaga sistem imun Anda tetap kuat girls, serta menetralisir radikal bebas yang buruk bagi tubuhmu.

Lemon pun mampu mengurangi rasa nyeri dan gejala flu berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Jadi jangan lupa menambahkan lemon dalam bagian makanan atau minumanmu.

4. Teh Hijau

Calling all green tea lovers! Teh hijau pun tak kalah mengisi list bahan makanan berikutnya yang efektif dalam menjaga Anda dari flu. Di dalam teh hijau terdapat L-theanine serta anti oksidan tinggi yang berkhasiat sebagai flu fighter dan membantu tubuhmu lebih cepat menyembuhkan flu serta meningkatkan daya tahan tubuh. Love it!

5. Bayam

Bayam mengandung vitamin, mineral, folat, zat besi, serta kalsium yang baik agar tubuh tetap fit selama flu season seperti saat ini, girls. Zat hijau daun yang ada dalam bayam efektif melawan flu karena mampu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Sebaiknya Anda mengolah bayam dengan cara dikukus atau tumis ya agar kandungan gizinya tidak hilang.

6. Dark Chocolate

Jika biasanya dark chocolate menjadi bestie Anda yang sedang menjalani program diet, sekarang dark chocolate pun bisa Anda andalkan sebagai bahan makanan yang efektif dalam mencegah flu. Di dalam dark chocolate terkandung 70% cacao yang membantu melawan dan menyembuhkan flu. Time to re-stock it!

7. Yogurt

Tidak hanya rasanya yang enak, yogurt kaya akan probiotik mampu mencegah rasa sakit pada area pernafasan atasmu. Yogurt juga membantu menjaga imun tubuhmu dari bakteri jahat agar tidak gampang sakit selama cuaca dalam kondisi peralihan. Well, meski begitu sebaiknya Anda memilih greek yogurt ya ketimbang yogurt dalam pilihan rasa.

8. Bawang Putih

Last but not least ada bawang putih sebagai bahan makanan yang efektif untuk mencegah flu berikutnya. Bawang putih mengandung zat allicin yang berperan sebagai anti-mikrobakteri serta dapat menjaga tubuh dari penyakit, termasuk flu. Anda bisa mengonsumsi bawang putih yang telah di-microwave selama 1 menit setiap harinya agar terhindar dari flu.

Image : Wavebreak Media LtdĀ©123RF.com, Giphy.com.

Sumber Cosmopolitan Indonesia