Siapa yang tak ingin berwisata keliling dunia dan menghasilkan uang dari sana? Profesi travel blogger kini menjadi salah satu pekerjaan impian. Namun nyatanya menjalani profesi ini tak semudah kelihatannya lho. Sebelum mulai nge-blog, simak dulu enam tip dari para travel blogger dunia berikut ini!

Menulis dengan Alasan Tepat
Jangan hanya menulis blog semata-mata karena ingin mendapat sponsor wisata gratis. Menurut Caz dan Craig Makepeace dari Y Travel Blog, sebuah blog harus punya visi jelas, caranya dengan mengemas konten serta membangun reputasi yang kredibel melalui tulisan perjalanan Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat pembaca setia yang akan mengikuti setiap perjalanan.

Miliki Target Pembaca
Sejak awal, tetapkan target pembaca untuk blog Anda. Pilih satu tema seperti menulis tentang perjalanan solo wanita, wisata alam, wisata mewah, atau wisata ala backpacker. Jangan membingungkan pembaca dengan menulis ulasan perjalanan mewah di Bali, kemudian wisata budget friendly di Jepang. Menurut James Feess dari The Savvy Backpacker, hal tersebut penting agar Anda memiliki perspektif unik untuk bersaing dengan blogger lain.

Pilih Angle yang Unik
Yoshke Dimen dari blog The Poor Traveler mengatakan, sebuah angle yang menarik akan membedakan Anda dari orang lain sekaligus membangun citra pribadi yang unik. Misalnya menulis seputar tempat wisata yang kurang dikenal, atau kehidupan masyarakat lokal yang menarik. Dengan begitu, pembaca setia akan datang dan membantu menyebarkan tulisan Anda.

Jangan Menulis Tentang “Anda”
Blog bukan hanya tempat curhat tentang lokasi-lokasi wisata yang menurut Anda mengagumkan. Menurut Matt Kepnes, pemilik blog Nomadic Matt, sebisa mungkin buat ulasan perjalanan dengan informasi yang berbobot, menginspirasi, dan bisa membantu orang lain untuk mendapat pengalaman yang sama serunya dengan Anda.

Tulis Informasi dengan Rinci
Selain menceritakan pengalaman inspiratif yang super seru serta mengunggah foto-foto indah, jangan lupakan detail perjalanan yang sebenarnya penting. Menurut Mark Wiens dari blog Migrationology.com, amat penting untuk menulis tip berwisata yang bermanfaat seperti mencantumkan harga, jam buka, dan akses menuju tempat tersebut. Pembaca akan mengingat blog Anda dan menghargai informasi di dalamnya.

Bangun Jaringan yang Kuat
Menulis kisah perjalanan di blog membutuhkan banyak waktu dan usaha. Memulai adalah hal yang sulit, apalagi saat ini sudah banyak travel bloggers yang memiliki banyak pembaca. Menurut Paul Johnson dari Luxury Travel Blog, Anda harus fokus pada kualitas konten dan membangun jaringan yang kuat. Misalnya melalui mailing list atau media sosial daripada mencoba menghasilkan uang dengan cepat dari beberapa link yang mengganggu. (Soca Massardi / Vidi Prima / VP / Image: Outnow.ch)

Source: Cosmopolitan Indonesia

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Aktivitas selain olahraga yang membakar kalori
Inilah 4 bus wisata menarik di Indonesia
9 Alasan kenapa Anda harus membaca sebelum tidur

SHARE