5 Trik Supaya Anda Lolos di Ujian CPNS

1095

Tes seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang jadi salah satu ajang yang paling ditunggu untuk mengembangkan potensi berkarier dalam bidang pemerintahan.

Setiap tahunnya, ribuan pendaftar “berlomba” memperebutkan posisi karier yang diinginkan dengan jalur minatnya masing-masing. Nah mumpung peluangmu masih terbuka lebar, kami merangkum sejumlah tips jitu yang bisa Anda persiapkan agar lolos seleksi masuk CPNS tahun ini. Selamat mencoba:

1. Perhatikan dengan Detail Alur Ujiannya

Hal yang perlu Anda perhatikan dengan benar agar lolos tes masuk CPNS 2018 adalah perhatikan setiap detail alur ujian yang diberikan. Penting bagi Anda memahami apa saja tes yang akan Anda jalani selama mengikuti ujian tersebut.

Dengan mengetahui seperti apa saja tes yang akan Anda jalani, Anda dapat mempersiapkan diri dalam setiap ujian yang ada. Sama seperti tahun sebelumnya, ujian tes CPNS 2018 juga melibatkan Tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang diakses secara online.

Sedikit insight, soal tes TKD sendiri dibagi dalam tiga bagian, yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), dan TIU (Tes Intelegensia Umum). Tak ketinggalan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) juga masuk ke dalam tes seleksi yang harus Anda jalani.

2. Lengkapi Semua Syarat Administratif

Pastikan juga Anda melengkapi semua syarati administratif yang telah diinformasikan sebelumnya ya! Selain harus mempersiapkan segala kemampuan Anda dalam mengikuti ujian, kelengkapan syarat administratif juga akan mempermudahmu lolos ke tahap berikutnya. Jangan sampai Anda gagal diterima karena ada dokumen yang lupa Anda masukkan. Duh!

3. Berlatih Soal Secara Konsisten

Tips berikutnya agar Anda lolos tes CPNS 2018 adalah berlatihlah soal-soal ujian secara konsisten. Luangkan waktu Anda selama 30 menit setiap harinya untuk mengerjakan contoh-contoh soal tes CPNS yang bisa Anda dapatkan di buku tes yang dijual di pasaran.

Lewat latihan soal tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai soal ujian yang akan dihadapi plus cara terbaik untuk menyelesaikannya. Ingat dear jangan panik ya saat mengerjakan soal ujiannya dan lewati soal yang Anda anggap rumit agar waktu tesmu berjalan dengan lebih efisien.

4. Pelajari Isu Sosial Terkini dan Kelebihan Dirimu

Tak ada salahnya jika Anda mempelajari isu-isu sosial terkini lho ladies. Hal ini jelas akan menambah wawasan Anda dalam mengerjakan soal nanti. Lalu kenali juga kelebihan dan kekuranganmu, karena pada saat sesi wawancara berlangsung pertanyaan yang diajukan tak jauh berbeda dengan proses penerimaan kerja lainnya.

Dengan memahami kelebihan dan kekuranganmu, Anda bisa lebih confident dalam menghadapi pertanyaan yang akan datang. Pelajari juga informasi mendalam seputar instasi yang Anda pilih ya ladies sebagai materi interview kelak.

5. Jeli Melihat Peluang Kementerian atau Lembaga dengan Kuota Penerimaan Terbanyak

Salah satu trik jitu agar Anda berhasil lolos dalam tes seleksi CPNS adalah dengan mengatur siasat memiih lembaga atau kementerian dengan kuota penerimaan terbanyak.

Sebaiknya Anda mulai jeli mencari tahu apa saja lembaga dan kementerian yang membuka alokasi penerimaan dengan jumlah yang besar. Terbukanya kuota yang besar akan memungkinkan peluang Anda diterima lebih besar.

Image : undrey ©123RF.com, Giphy.com

Sumber Cosmopolitan Indonesia