Banyak orang menganggap museum sebagai destinasi liburan yang sangat membosankan. Padahal, beberapa museum memiliki tampilan dan isi yang menarik untuk dikunjungi lho. Apa salahnya mengisi liburan dengan edukasi? Inilah lima museum terbaik di Indonesia yang harus segera Anda kunjungi.

Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono adalah museum yang menampilkan berbagai koleksi mewah nan menawan yang dibangun oleh perancang busana kenamaan Indonesia, Harry Darsono. Uniknya, bangunan museum yang bergaya arsitektur Eropa ini dirancang sendiri oleh beliau ketika masih berusia 11 tahun.

Di dalamnya, pengunjung dapat menemukan berbagai koleksi seni, seperti pakaian, lukisan, peralatan makan, penghargaan, dan beberapa koleksi milik Harry Darsono. Jika Anda beruntung, sang tuan rumah sendiri akan mendampingi Anda berkeliling museum dan diakhiri dengan menikmati kudapan sambil diiringi dentingan piano ataupun petikan harpa yang mengalun dari permainan jari Harry Darsono.

Location: Jalan Cilandak Tengah No. 71, Jakarta

Museum Tsunami Aceh

Museum ini lahir sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami yang pernah menimpa Tanah Rencong tahun 2004 silam. Terletak di pusat kota Banda Aceh, bentuk bangunan museum ini dirancang menyerupai gelombang air laut.

Di sini, Anda dapat menambah pengetahuan dengan menonton video mengenai tsunami, berinteraksi di ruangan simulasi, hingga flashback di ruangan memorial untuk mengenang saat tsunami menerjang Aceh 10 tahun lalu. Salah satu tempat terfavorit adalah satu lorong kecil nan gelap yang melingkar-lingkar.

Di ujung lorong tersebut, seberkas cahaya dan 52 bendera negara-negara yang pernah membantu Aceh untuk kembali bangkit akan menyambut Anda. Anda akan merasa merinding ketika mengunjungi museum rancangan Ridwan Kamil ini.

Tapi terlepas dari itu semua, teknologi hi-tech dan desain museum yang modern membuat museum ini sangat layak untuk dikunjungi.

Location: Jalan Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh

Museum Ullen Sentalu

Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan yang hidup pada Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi batik bermacam-macam, mulai dari baik gaya Yogyakarta ke batik Surakarta milik putra dan putri keraton.

Koleksi ini menceritakan mengenai kebiasaan-kebiasaan mereka, pakaiannya, dan juga simbol-simbol yang sebelumnya tidak banyak diketahui masyarakat umum. Selama di dalam museum Anda tidak diizinkan untuk memotret.

Tapi tenang, Anda tidak akan bosan berada di dalam sini karena sang pemandu akan menceritakan seluk beluk museum ini secara detail.

Location: Jl. Boyong Km 25, Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Museum Agung Rai (ARMA)

Jalan-jalan ke Bali tidak melulu harus menginjak pantai, dear. Jika Anda mencari kegiatan yang lebih artsy, cobalah berkunjung ke Museum Agung Rai. Salah satu museum seni rupa di Bali ini menyimpan berbagai koleksi lukisan karya pelukis-pelukis ternama dari dalam negeri maupun mancanegara.

Tak hanya lukisan, di sini Anda dapat lebih menyelami lagi kebudayaan Bali. Misalnya dengan bermain gamelan Bali, mempelajari seni memahat kayu, berlatih tarian Bali, hingga mengenal sejarah dan batik Bali. Selain itu, di sini Anda juga bisa mengupas tuntas kuliner khas Bali, lho.

Location: Jalan Raya Pengosekan Ubud, Bali

Museum Bank Indonesia

Hanya punya waktu singkat untuk berlibur? Museum yang satu ini tentu tidak akan memakan banyak waktu Anda. Diresmikan pada 2009 lalu, semua informasi di tiap ruangan disajikan secara modern dan menggunakan teknologi canggih. Selain itu, ada juga diorama perkembangan Bank Indonesia dari masa ke masa. So, what are you waiting for?

Location: Jalan Jembatan Batu No.3, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

[sumber Cosmopolitan Indonesia]

Baca juga:
Cokelat Indonesia menangkan penghargaan internasional
Aksi sang pengawal dan pembunuh bayaran dalam “The Hitman’s Bodyguard”
Fakta menarik detik-detik menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI

SHARE