5 Masakan Khas Lebaran, dan Sepertinya Semua Wajib Ada Deh!

210
Ketupat

Dari beragam masakan lebaran, mungkin 5 masakan ini selalu hiasi meja makan I-Listeners!

Tak terasa setelah berpuasa sebulan, hari raya yang ditunggu-tunggu datang yaitu Idul Fitri. Seluruh sanak saudara sudah mempersiapkan segala hal guna menyambut hari yang dinantikan. Mulai dari baju baru hingga masakan guna menjamu kerabat.

Dikutip dari Paling Unik, 5 makanan inilah yang menjadi favorit masyarakat. Apakah masakan di bawah ini favorit Anda juga?

1. Ketupat
Pasti sudah tidak asing lagi dengan ketupat. Makanan wajib saat Lebaran ini ternyata juga eksis di Malaysia, Singapura, Filipina dan Brunei Darusalam. Selain itu ketupat juga punya filosofi tersendiri lho.

Anyaman daun pada ketupat mencerminkan perjalanan hidup yang diselingi oleh kesulitan dan masalah. Sedangkan tali panjang dari anyaman ketupat sendiri menggambarkan pentingnya silaturahmi.

2. Sambel Goreng Hati Kentang
Setelah ketupat, kini pindah ke sambel goring hati kentang yang masuk dalam daftar makanan wajib Lebaran.

Kentang yang dipotong dadu, diolah dengan berbagai rempah lalu dicampur dengan hati sapi, ampela dan pete (beberapa orang yang menyukai pete). Rasa pedas dan aromanya menjadikan makanan ini favorit ketika hari raya tiba.

3. Opor Ayam
Ada ketupat pasti ada opor ayam. Daging ayam yang direbus dengan santan dan dicampur dengan rempah-rempah khas Indonesia menjadikan masakan ini selalu berdampingan dengan ketupat.

4. Rendang
Memang tidak perlu menunggu atau saat lebaran saja rendang menghiasi meja makan Anda. Karena kelezatannya, rendang masuk dalam CNN International pada 2011 sebagai makanan terlezat sedunia.

Rendang sendiri terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan santan kental yang kaya akan kandungan bumbu rempah.

5. Kue Nastar
Kue nastar, kue kering yang selalu hadir di ruang keluarga atau ruang tamu juga masuk dalam list makanan wajib saat Lebaran. Kue yang berisi selai nanas ini berhasil membuat keluarga atau teman yang berkunjung ke rumah Anda jadi tidak berhenti memakannya.

Nah, dari 5 makanan di atas, apakah sama dengan menu wajib yang I-Listeners punya di lebaran tahun ini?

I-Listeners jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 89.6 FM atau bisa streaming di sini.

[teks Juliani Chaerunissa | foto @bartno]

Baca juga:
Tips mudik nyaman saat sedang puasa
Wisata edukasi berlian di kota Bandung
Tontowi/Liliyana meraih kemenangan di Indonesia Open 2017