Bagi sebagian orang yang sibuk bekerja, tidur nyenyak adalah hal yang sulit didapatkan. “Anda harus fokus pada banyak hal untuk siap tidur,” kata Jaspal Singh, M.D., dokter yang ahli di bidang tidur di Carolinas HealthCare System.

Pertama adalah nutrisi Anda. Kedua, tentunya kesehatan mental Anda. Keduanya memiliki hubungan dengan kualitas tidur yang baik, kata Singh.

Nutrisi di sini termasuk di dalamnya mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang, namun Anda juga harus menghindari makan malam yang berat menjelang waktu tidur, terutama makanan pedas dan berlemak.

Anda juga harus memperhatikan konsumsi kafein, seperti kopi, soda, dan minuman energi.

Banyak orang tidak sadar berapa banyak kafein yang mereka asup atau seberapa lama efek kafein bekerja di dalam tubuh,” tambah Singh. Semakin Anda tua, tingkat metabolisme Anda menurun dan efek kafein di dalam tubuh akan bertahan semakin lama.

Kesehatan mental sendiri juga berperan penting. Ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan sebelum tidur untuk membantu Anda tidur lebih cepat.

Mulai dari latihan visualisasi yang akan menenangkan pikiran Anda hingga gerakan fisik yang secara aktif membuat Anda lebih rileks sebelum tidur. Ini dia caranya!

Latihan ringan menggunakan beban tubuh

Suhu tubuh Anda akan meningkat ketika latihan dan kemudian kembali turun ketika pendinginan, yang mana akan membantu Anda tidur lebih cepat.

Lakukan ini: Coba lakukan beberapa set situp atau crunch. Anda bisa mengombinasikan dengan gerakan leg raise untuk menghasilkan tensi pada punggul Anda. Gerakan lunge juga bisa Anda lakukan.

Namun kuncinya ini: Lakukan secara perlahan sambil mengatur napas. Jangan biarkan detak jantung Anda meningkat terlalu tinggi. Lakukan latihan ini satu jam sebelum tidur.

Jangan lupa untuk lakukan stretching untuk melenturkan sendi-sendi yang kaku.

Latihan pernapasan

Ketika Anda melakukan latihan pernapasan, Anda ingin menjaga postur tubuh yang baik untuk mendapatkan manfaat paling maksimal,” kata Singh. Tiduran di kasur atau duduk hingga tulang punggung Anda lurus.

Tarik napas dalam-dalam secara perlahan, lakukan pernapasan perut. Ini juga akan membantu Anda meningkatkan teknik angkat beban Anda di gym. Fokus pada mengisi perut Anda dengan udara. Kemudian buang napas perlahan sampai habis.

Lakukan ini: Tarik napas hingga hitungan ketiga. Tahan hingga hitungan kedua. Kemudian buang napas selama empat hitungan. Waktu untuk membuang napas harus lebih lama daripada saat tarik napas. Yang penting, lakukan saat pikiran Anda tenang dan kondisi tubuh rileks.

Lakukan yoga

Anda bisa lakukan gerakan yoga apa pun selama tidak melakukan gerakan inversion, di mana kepala Anda berada di bawah dan tubuh lainnya di atas. Hal itu akan membuat tubuh Anda menopang banyak beban dan membuat Anda lelah, bukan rileks.

Lakukan ini: Lakukan gerakan yang sederhana dan jaga postur dengan sempurna.

Latihan visualisasi

Membayangkan sesuatu akan lebih mudah jika dilakukan sambil tidur. Sama halnya seperti menjernihkan pikiran Anda dengan membayangkan sesuatu yang indah.

Lakukan ini: Anda mungkin tidak sadar Anda sedang berkomunikasi dengan diri Anda sendiri. Apa pun yang Anda bayangkan, selama dapat membuat otak Anda lebih rileks. tidak masalah.

Coba pejamkan mata Anda, bayangkan sesuatu yang membuat Anda senang, seperti orang-orang yang Anda cintai, tempat yang Anda ingin kunjungi. Tetap pada fase itu hingga Anda terlelap.

Meditasi

Meditasi sebelum tidur akan membuat tubuh Anda lebih rileks, pikiran lebih tenang, sehingga lebih memudahkan Anda untuk tidur nyenyak. Sebaiknya, lakukan juga satu jam sebelum tidur.

Lakukan ini: Matikan semua benda yang mengganggu di kamar tidur Anda. Matikan semua gadget, lampu, dan semuanya yang mengganggu Anda.

Lalu coba duduk di atas kasur dengan postur punggung tetap lurus. Lalu pejamkan mata. Beberapa orang lebih suka melakukannya sambil menyetel musik meditasi dengan wewangian aroma terapi.

Sumber: Fitness For Men

Baca juga:
Aksi para pencuri bayaran dalam “Baby Driver”
Traxkustik Pop Hari Ini edisi #17TahunTraxFM!
Menjaga pola makan untuk hidup yang lebih sehat

SHARE